spot_img
Monday, April 22, 2024
More
    spot_img
    HomeBeritaTahun 2024, Diskominfo Sinjai Komitmen Tingkatkan IPS

    Tahun 2024, Diskominfo Sinjai Komitmen Tingkatkan IPS

    Dengar SBFM Live di sini

    -

    Html code here! Replace this with any non empty raw html code and that's it.

    SINJAI – Tahun ini, Pemerintah daerah melalui Dinas Kominfo (Diskominfo) dan Persandian Kabupaten Sinjai menargetkan akan meningkatkan indeks pembangunan statistik (IPS) di Kabupaten Sinjai.

    Hal ini dibahas dalam Rapat Koordinasi Satu Data Indonesia yang dilaksanakan oleh Dinas Kominfo dan Persandian Kabupaten Sinjai, bersama BPS dan Bappeda Sinjai di Aula Kantor BPS Sinjai, pada pekan lalu.

    Menurut Kadis Kominfo dan Persandian Sinjai Dr. Mansyur, Kamis (22/2/2024) nilai IPS Kabupaten Sinjai pada tahun 2023 berada di angka 1,49 sehingga masih perlu ditingkatkan di tahun 2024 ini.

    “Pertemuan kemarin merupakan langkah awal kita di Tahun 2024 bersama BPS dan Bappeda untuk menentukan recana aksi guna peningkatan kualitas penyeleggaraan statistik sektoral di Kabupaten Sinjai,” katanya.

    Dari hasil pertemuan ini disepakati untuk membentuk tim khusus yang akan menangani Evaluasi Penyelenggaraan Statistik Sektora (EPSS). Hal ini penting sebab EPSS sudah diatur dalam peraturan Badan Pusat Statistik nomor 3 Tahun 2022.

    Dimana EPSS ini merupakan suatu proses penilaian secara sistematis melalui verifikasi dan validasi informasi terhadap hasil penilaian mandiri untuk mengukur tingkat kematangan penyelenggaraan Statistik Sektoral. 

    “Untuk tahun lalu ada dua OPD yang dilakukan penilaian, yaitu Dinas Perikanan dan Dinas Koperasi, UKM dan Tenaga Kerja. Untuk tahun ini melaui tim kecil yang dibentuk kita evaluasi seluruh OPD dalam hal pengumpulan data statistik sektoral mana yang bisa dijadikan sampel penilaian,” ungkapnya.

    Senada dengan hal tersebut, Kepala Bidang Statistik dan Persandian Diskominfo Sinjai Usman menegaskan bahwa di Tahun 2024 ini OPD selaku Produsen Data akan lebih didorong untuk menghasilkan data sesuai dengan prinsip Satu Data Indonesia (SDI).

    Sementara itu, Kepala BPS Sinjai Arif Miftahuddin berkomitmen untuk terus mendorong dan meningkatkan kualitas penyelenggaraan statistik sektoral di Kabupaten Sinjai.

    “Terkait pembangunan statistik sektoral salah satu indikator kemajuanyaa adalah dilihat dari IPS, sehingga kita terus mendorong Pemerintah untuk meningkatkan nilainya sehingga data sektoral di OPD kualitasnya semakin meningkat,” katanya.

    Menurutnya, kolaborasi kinerja dengan seluruh stakeholder terus diupayakan untuk menghasilkan data statistik sektoral yang lebih andal dan berkualitas. (Tim Website)
    .

    Related articles

    -
    Ubah Bahasa :
    -

    Latest posts