spot_img
Saturday, April 27, 2024
More
    spot_img
    HomeBeritaSekda Sinjai Buka Pelatihan Upaya Penurunan Stunting di Sinjai

    Sekda Sinjai Buka Pelatihan Upaya Penurunan Stunting di Sinjai

    Dengar SBFM Live di sini

    -

    Html code here! Replace this with any non empty raw html code and that's it.

    SINJAI, – Pemerintah daerah melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Kabupaten Sinjai mengadakan pelatihan Peningkatan Kapasitas Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga dan Kader Posyandu dalam Upaya Penurunan Stunting Tahun 2023.

    Pelatihan tersebut dilaksanakan di Gedung Pertemuan Sinjai, Kamis (07/12/2023) yang diikuti para kader PKK Kecamatan, Kader PKK Desa dan Kelurahan, Kader Posyandu dan Kader Pembangunan Manusia.

    Kadis PMD Sinjai, Yuhadi Samad mengatakan   pelatihan ini dimaksudkan untuk meningkatkan Pengetahuan dan keterampilan bagi Kader Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga dan Kader Posyandu dan untuk memperkuat peran mereka dalam memberikan pemahaman tentang gizi, kesehatan dan pola asuh kepada masyarakat khususnya ibu dan anak.

    “Dengan peningkatan kapasitas ini diharapkan mereka dapat efektif dalam mendeteksi, mencegah dan mengatasi stunting untuk meningkatkan kesehatan anak anak dan mengurangi angka stunting dimasyarakat”, Ucapnya.

    Kegiatan ini kata dia akan dilaksanakan hingga 10 Desember 2023 dengan 4 angkatan. “Untuk hari ini angkatan pertama meliputi kecamatan Bulupoddo, Sinjai Timur dan Sinjai Tengah”, Jelasnya. 

    Sementara itu, Sekda Sinjai, Andi Jefrianto Asapa dalam sambutannya menyampaikan dalam upaya penurunan stunting, peran aktif dari penggerak PKK, Kader posyandu dan kader tim pembangunan manusia sangatlah penting. 

    Bahkan kata dia, tim penggerak PKK sebagai ujung tombak di tingkat desa dan kelurahan memiliki tanggung jawab dalam memberikan edukasi kepada ibu-ibu terkait pola makan yang seimbang dan pentingnya perawatan kesehatan anak sejak dini. 

    Bagi Kader posyandu memiliki peran strategis dalam pemantauan pertumbuhan anak termasuk dalam upaya mendeteksi dan mencegah stunting, begitupun dengan kader pembangunan manusia agar dapat berkontribusi dalam memberikan pendampingan kepada keluarga. 

     “Melalui kesempatan ini saya mengajak kita semua untuk bersatu padu meningkatkan koordinasi antar tim penggerak PKK, Kader Posyandu dan Kader pembangunan manusia serta melibatkan seluruh lapisan masyarakat dalam upaya bersama dalam mengatasi stunting  khususnya di Kabupaten Sinjai”, Harap Sekda mewakili Pj Bupati Sinjai. 

    Kegiatan pelatihan ini menghadirkan narasumber Ketua TP.PKK Kabupaten Sinjai, Cut Resmiati, Kepala Dinas Kesehatan Sinjai dr. Emmy Kartahara Malik, dr Nur Rachmat Adi Sawe, (Ahli Gizi Rumah Sakit Daerah Kabupaten Sinjai, dr.A.Noor Fadli Idrus, Sp.A (Ikatan Dokter Anak Indonesia Kabupaten Sinjai) dan DR.A.Irmawati Yusuf (Akademisi). (Tim Website)

    Related articles

    -
    Ubah Bahasa :
    -

    Latest posts