spot_img
Saturday, April 27, 2024
More
    spot_img
    HomeBeritaBupati ASA Launching Aplikasi Srikandi, Harap Pelayanan Lebih Cepat

    Bupati ASA Launching Aplikasi Srikandi, Harap Pelayanan Lebih Cepat

    Dengar SBFM Live di sini

    -

    Html code here! Replace this with any non empty raw html code and that's it.

    SINJAI, – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sinjai dibawah kepemimpinan Bupati Sinjai, Andi Seto Asapa (ASA) terus menggenjot dan memaksimalkan implementasi Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) di Tahun 2023.

    Salah satu upayanya yang saat ini dilakukan adalah dengan mulai menerapkan Sistem Informasi Kearsipan Dinamis Terintegrasi (Srikandi) dengan Tanda Tangan Elektronik (TTE).

    Aplikasi Srikandi tersebut dilaunching oleh Bupati Sinjai, Andi Seto Asapa (ASA) yang dirangkaikan dengan peresmian Command Center di Halaman Rujab Bupati Sinjai, Rabu (6/9).

    Kepala Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian (Kadis Kominfosandi) Sinjai, Dr. Mansyur mengemukakan aplikasi Srikandi merupakan kolaborasi antara Kemenpan RB, Kementerian Kominfo, Badan cyber dan Sandi serta Arsip Nasional Republik Indonesia bersifat Government of Governance.

    Di dalam aplikasi Srikandi, kata mantan Kadis Perpustakaan dan Kearsipan Sinjai, ini bahwa setiap informasi berbasis digital akan dapat terekam dengan baik sehingga nantinya akan menjadi bukti akuntabilitas dan memori kolektif.

    Lebih lanjut dikatakan, keberadaan Srikandi adalah untuk mewujudkan tata kelola pemerintahan yang efektif dan transparan melalui pengelolaan arsip autentik dan terpercaya.

    Sistem ini memiliki banyak manfaat karena sudah benar-benar tidak menggunakan kertas, mulai dari pembuatan surat kemudian paraf surat hingga tanda tangan dilakukan dengan sistem elektronik.

    Pihaknya pun saat ini telah melakukan pendampingan kepada seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lingkup Pemkab Sinjai mengenai pemanfaatan aplikasi Srikandi.

    “Pemanfaatan aplikasi ini dapat meningkatkan indeks kearsipan di masing-masing instansi, dan mampu meningkatkan pemahaman kapasitas dan keterampilan ASN pada SPBE. Jadi aplikasi ini memang memberikan kemudahan dalam persuratan dan sebagainya,” pungkasnya.

    Usai meluncurkan atau melaunching, Bupati ASA meminta kepada seluruh OPD mulai memanfaatkan aplikasi Srikandi. Apalagi pemanfaatan TTE dinilai cukup simpel dan transparan untuk digunakan.

    Orang nomor satu di Kabupaten Sinjai, ini berharap pelayanan terhadap masyarakat akan lebih cepat lagi karena tidak perlu menunggu waktu yang kadang berhari-hari hanya untuk sebuah tanda tangan.

    “Setahu saya ini cukup mudah, tinggal cek list dimanapun anda berada itu bisa dilakukan. Kalau sebelumnya memakan waktu 2 – 3 hari, dengan Srikandi saya harap bisa selesai dalam sehari, apalagi proses pemberkasan misalnya akan diketahui prosesnya sudah sampai dimana,” harapnya.

    Launching aplikasi Srikandi oleh Bupati ASA turut dihadiri Ketua DPRD Sinjai Jamaluddin, Forkopimda Sinjai, Sekda Sinjai Andi Jefrianto Asapa, serta Kepala OPD, dan Camat Se-Kabupaten Sinjai. (Tim Website)

    Related articles

    -
    Ubah Bahasa :
    -

    Latest posts