spot_img
Saturday, April 27, 2024
More
    spot_img
    HomeBeritaDekranasda Sinjai Meriahkan Expo Dekranasda Sulsel 2023 di Wajo

    Dekranasda Sinjai Meriahkan Expo Dekranasda Sulsel 2023 di Wajo

    Dengar SBFM Live di sini

    -

    Html code here! Replace this with any non empty raw html code and that's it.

    WAJO, – Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Sinjai, ambil bagian pada Expo Dekranasda Sulawesi Selatan (Sulsel) tahun 2023.

    Even tahunan yang digelar Dekranasda Sulsel ini, dipusatkan di Taman Callaccu, Kota Sengkang, Kabupaten Wajo dari tanggal 8 – 11 Agustus 2023 mendatang.

    Stand Dekranasda yang diketuai Hj. Andi Nurhilda Daramata Seto, memamerkan hasil kerajinan pelaku UMKM lokal, dan produk rumah tanggah, makanan hingga minuman.

    Kepala Dinas Perdagangan Perindustrian dan ESDM Sinjai, Muh. Saleh mengatakan, produk yang dipamerkan sekaligus dijual merupakan produk dari binaan Dekranasda Sinjai.

    Beberapa produk yang ditampilkan seperti tas rajut, tempat kue (Bossara), asbak dari kayu pukis, stand lampu hias dari anyaman bambu dan daun lontar hingga produk kerajinan tangan lainnya yang merupakan binaan Dekranasda Sinjai.

    Tak hanya itu, Dekranasda Sinjai tahun ini juga memamerkan produk olahan makan dan minuman dari IKM dan UMKM lokal Sinjai seperti produk olahan Markisa, Kripik Pisang, Kopi Borong, Rengginang Biccu’, Abon Ikan Tuna dan Sambal Asap Tuna (Saltun).

    “Alhamdulillah tahun ini kembali Dekranasda Sinjai berpatisipasi di ajang expo Dekranasda Sulsel tahun 2023 yang dipusatkan di Kabupaten Wajo. Untuk semua produk yang kita tampilkan adalah produk hasil binaan kita (Dekranasda Sinjai),” pungkasnya, Rabu (9/8/2023)

    Memang kata Muh Saleh, Dekranasda Kabupaten Sinjai aktif melakukan pembinaan kepada UMKM, salah satu pengrajin tas rajut yang baru-baru ini mendapatkan bantuan mesin jahit yang diserahkan Ketua Dekranasda Sinjai sehingga produk yang dihasilkan lebih rapi dan berkualitas.

    “Kerajinan hand Made ini juga yang kita tampilkan dari binaan melalui bantuan mesin jahit oleh Dekranasda Sinjai,” jelasnya.

    Sementara itu, Ketua Dekranasda Sinjai, Hj. Andi Nurhilda Daramata Seto, yang menghadiri langsung acara pembukaan menyampaikan harapannya agar produk-produk UMKM dan kerajinan Daerah Sinjai dapat dikenal lebih luas dan mampu menarik minat masyarakat untuk datang berkunjung ke Kabupaten Sinjai.

    “Mudah-mudahan kegiatan pameran ini menambah semangat teman – teman di Dekranasda untuk lebih belajar dan mengembangkan produk dari UMKM binaan kita sehingga lebih dikenal luas,” harap Nurhilda yang juga Ketua TP. PKK Sinjai.

    Expo Dekranasda 2023 yang mengusung tema “Mengembalikan Kejayaan Sutera di Sulawesi Selatan”, ini dibuka Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman didampingi Ketua Dekranasda Provinsi Sulsel, Naoemi Octarina.

    Selain Ketua Dekranasda Sinjai, Expo Dekranasda Sinjai turut dihadiri Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setdakab Sinjai, A. Ilham Abubakar, Kadis Kominfosandi, Dr. Mansyur, Kadis Koperasi UMKM dan Ketenagakerjaan Ir. H Ramlan Hamid, Kadisparbud Tamzil Binawan, Kadis P3AP2KB Andi Tenri Rawe, Kadis PMD Yuhadi Samad. (Tim Website)

    Related articles

    -
    Ubah Bahasa :
    -

    Latest posts