spot_img
Monday, May 20, 2024
More
    spot_img

    Pemkab-BPS Canangkan Program Desa Cinta Statistik di Desa Lamatti Riaja

    More articles

    SINJAI, – Ketersediaan data dan informasi yang faktual dan valid menjadi dasar perencanaan pembangunan Desa yang terfokus pada upaya mewujudkan peningkatan kualitas hidup manusia, serta peningkatan kesejahteraan masyarakat Desa.

    Untuk mewujudkan hal itu, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sinjai bersama Badan Pusat Statistik (BPS) mencanangkan program Desa Cinta Statistik (Desa Cantik) di Desa Lamatti Riaja, Kecamatan Bulupoddo, Kamis (28/7/2022).

    Kepala Desa Lamatti Riaja, Andi Mappaware, menyampaikan bahwa program ini merupakan hal yang baru. Olehnya itu dia mengaku bersyukur lantaran Desa yang dipimpinnya terpilih sebagai Desa Cantik.

    “Semoga kedepan dapat menjadi contoh bagi Desa lainnya yang ada di Kabupaten Sinjai,” ucapnya.

    Kepala BPS Sinjai, Arif Miftahuddin mengatakan bahwa, selaras dengan amanat undang-undang Statistik Nomor 16 Tahun 1997, BPS bertanggung jawab melakukan pembinaan penyelenggaraan kegiatan statistik, serta sesuai dengan Perpres Nomor 39 Tahun 2019 tentang Satu Data Indonesia.

    “Desa Cantik merupakan Program percepatan (quick wins) implementasi pembinaan statistik sektoral oleh BPS yang berfokus kepada Desa, melalui standarisasi pengelolaan data statistik untuk menjaga kualitas dan keterbandingan data, optimalisasi penggunaan dan pemanfaatan data statistik dalam pembangunan di Desa,” ucapnya.

    Asisten Administrasi Umum Setdakab Sinjai, Haerani Dahlan menyampaikan apresiasi terhadap kepedulian BPS atas pencanangan program Desa Cantik di Desa Lamatti Riaja. Karena itu, melalui pencanangan ini Desa Lamatti Riaja kedepan diharapkan memberikan data yang baik melalui pendampingan dari BPS.

    “Dengan hadirnya program ini kita berharap kemanfaatan data, akan berujung kepada upaya Pemerintah dalam memberikan kesejahteraan kepada masyarakat,” imbuhnya.

    Meski pencanangan ini baru satu Desa, tetapi Haerani berharap pemanfaatannya dapat ditularkan kepada seluruh Desa yang ada di Kabupaten Sinjai.

    “Dengan melakukan pendataan yang baik serta pengolahan data yang baik pula, serta menyajikan data yang informatif, InsyaAllah akan menjadi bahan dalam pengambilan keputusan oleh Pemerintah dalam memberikan upaya-upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat dan pelayanan yang semakin lebih baik,” kuncinya.

    Pencanangan ditandai dengan Penandatanganan bersama Berita Acara dan Sertifikat Pencanangan oleh Asisten Administrasi Umum Haerani Dahlan, Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Sinjai, Arif Miftahuddin, Camat Bulupoddo Syahrul Paesa,dan Kepala Desa Lamatti Riaja, Andi Mappaware.

    Pencanangan ini turut dihadiri Kepala Dinas Kominfo dan Persandian Sinjai Tamzil Binawan, dan Kepala Bidang Persandian Supardi, serta beberapa Kepala Desa di Bulupoddo. (Tim Website)

    - Advertisement -spot_img

    Latest