spot_img
Thursday, April 25, 2024
More
    spot_img
    HomeBeritaHUT LAN ke-65, Bupati ASA Presentasikan Program Unggulan dalam Pemenuhan Kebutuhan Dasar...

    HUT LAN ke-65, Bupati ASA Presentasikan Program Unggulan dalam Pemenuhan Kebutuhan Dasar Masyarakat

    Dengar SBFM Live di sini

    -

    Html code here! Replace this with any non empty raw html code and that's it.

    SINJAI, – Bupati Sinjai, Andi Seto Asapa (ASA), kembali di undang untuk mempresentasikan inovasi serta program pembangunan yang telah dilakukan di Kabupaten Sinjai dalam kurung waktu 3 tahun kepemimpinannya.

    Kegiatan yang dikemas dalam bentuk Webinar Nasional pekan ilmiah Young Leader Forum itu, digelar Pusat Pelatihan dan Pengembangan Kajian Manejemen Pemerintahan Lembaga Administrasi Negara (Puslatbang KMP LAN) yang diikuti Bupati ASA secara virtual dari ruang pertemuan Rujab Bupati, Kamis (28/7).

    Di hadapan peserta webinar yang hadir dari seluruh Daerah di Indonesia, Bupati ASA mengupas satu persatu inovasi maupun program pembangunan yang bersentuhan dan dirasakan langsung oleh masyarakat Sinjai, baik di bidang kesehatan, pendidikan, peternakan dan perikanan, keagamaan, infrastruktur, pariwisata hingga pelayanan publik.

    Di bidang kesehatan misalnya, Bupati ASA menjelaskan inovasi yang dicetuskan sejak awal memimpin Kabupaten Sinjai seperti program rumah singgah pasien, Home Care dan Home Visit, Jamkesda Plus, pembangunan rumah sakit Pratama, PSC hingga gerai terpadu di RSUD Sinjai.

    Bidang pendidikan, pemberian bantuan serah sekolah gratis, beasiswa dan penyelesaian studi bagi mahasiswa berprestasi. Termasuk mencetuskan inovasi pembelajaran jarak jauh (PJJ) di masa pandemi dan bekerja sama dengan Microsoft dalam penerapan PJJ.

    Kemudian bidang peternakan dan perikanan, Bupati ASA menyampaikan program yang menjadi andalan Pemkab Sinjai dalam mensejahterakan masyarakat khususnya peternak adalah program Inseminasi Buatan (IB) Plus dengan sinkronisasi AUTS serta pemberian bantuan kepada nelayan maupun pembudidaya baik berupa sarana dan prasarana pendukung hingga benih ikan dan udang.

    Inovasi bidang pertanian dan perkebunan seperti pemberian bantuan Alsintan sebagai sarana produksi dan pemberian bantuan bibit Padi, Jagung, serta bibit kopi kepada kelompok tani setiap tahunnya, sebagai upaya dalam mendorong peningkatan produktivitas pertanian dan perkebunan.

    Bidang keagamaan, Bupati ASA menjelaskan bahwa sejumlah program terus direalisasikan mulai dari program Hafiz Al-Qur’an, pemberian hibah kepada Pondok Pesantren (Ponpes), hibah pembangunan masjid serta pemberian insentif bagi petugas keagamaan mulai dari Imam desa/Kelurahan, Imam Masjid, Guru mengaji, petugas Riayah, petugas Muadzin dan penyelenggaraan jenazah.

    Bidang Infrastruktur seperti pembangunan dan peningkatan jalan yang telah dilaksanakan sejak tahun 2019 lalu. Termasuk pembangunan 6 buah jembatan dalam rangka membuka akses serta mempermudah mobilitas warga khususnya yang berada di pelosok.

    Bidang Pariwisata dengan strategi branding Daerah “AYO ke SINJAI”, Pemkab Sinjai terus mengembangkan potensi wisata yang ada di Sinjai dengan menggandeng pihak ketiga.

    Khusus dalam pelayanan publik, Pemkab Sinjai di bawah nahkoda Bupati ASA terus membangun kepercayaan publik melalui komunikasi dan harmonisasi dengan seluruh elemen masyarakat, terbuka dan transparan terhadap publik, menjaga komitmen dan integritas serta menghadirkan kinerja yang profesional serta melibatkan kelompok dan organisasi masyarakat untuk berperan aktif dalam penyelenggaraan pemerintahan.

    “Inovasi yang kami cetuskan ini tidak lain sebagai upaya kami sebagai Kepala Daerah dalam mensejahterakan masyarakat sehingga inovasi yang kita lahir kan ini semuanya bersentuhan langsung dengan pemenuhan kebutuhan dasar masyarakat,” pungkasnya.

    Webinar yang mengangkat tema “Yang Muda, Yang Berprestasi” ini dibuka langsung Kepala LAN RI, Dr. Adi Suryanto. Selain Bupati ASA, tokoh lainnya yang menjadi narasumber dalam kegiatan ini, diantaranya Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman, Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan.

    Selain itu, Bupati Bantaeng, Ilham Syah Azikin, Bupati Maros, Chaidir Syam, Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani, Bupati Biak Numfor Herry Ario Naap serta Bupati Nunukan, Asmin Laura Hafid. (Tim Website)

    Related articles

    -
    Ubah Bahasa :
    -

    Latest posts