Home Berita Sekolah Tingkat SD dan SMP di Sinjai Adakan Ujian Sekolah

Sekolah Tingkat SD dan SMP di Sinjai Adakan Ujian Sekolah

0

SINJAI, – Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Kabupaten Sinjai menggelar ujian sekolah secara serentak mulai hari ini Senin (11/4/2022).

Adapun teknis pelaksanaannya hampir seluruh satuan pendidikan menerapkan ujian sekolah berbasis komputer dan android kecuali sekolah yang berada di wilayah blank spot (tidak ada sinyal/jaringan internet).

Seperti yang terpantau di SDN 84 Mangarabombang Kecamatan Sinjai Timur. Sekolah yang mendapat bantuan TIK dari Kementerian Pendidikan ini menerapkan ujian berbasis online.

Kepala SDN 84 Mangarabombang Abdul Syukur mengatakan bahwa jumlah siswa kelas VI yang mengikuti ujian sekolah sebanyak 38 orang yang terdiri dari 20 laki-laki dan 18 siswa perempuan.

Selain menggunakan android, beberapa siswa juga menggunakan laptop dalam mengerjakan soal ujian yang disiapkan oleh sekolah.

Ujian sekolah yang berlangsung selama 5 hari ini, siswa menggunakan dua ruangan, dimana jumlah Pengawas dalam 1 ruangan 2 orang dan 1 Proktor.

“Hari pertama ini ada dua mata pelajaran yang diujikan dan diawasi oleh Guru dari sekolah lain berdasarkan Surat Tugas dari Dinas Pendidikan,” katanya.

Sementara itu di SMPN 13 Sinjai yang berlokasi di Desa Lamatti Riaja Kecamatan Bulupoddo, pelaksanaan ujian sekolah bagi siswa kelas IX berjalan lancar dan aman.

Para siswa tampak serius mengerjakan soal ujian dengan menggunakan android masing-masing dan laptop yang disediakan oleh pihak sekolah.

“Hari ini kita mulai ujian sekolah untuk mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) dan IPS. Jumlah siswa kami ada 70 orang dengan menggunakan 5 ruangan,” kata Kepala SMPN 13 Sinjai Syamsul Rijal.

Ia menyebut, indikator kelulusan saat ini di antaranya menggunakan nilai rata-rata rapor siswa dalam lima semester terakhir.

“Kelulusan siswa ditentukan dari hasil ujian sekolah ini ditambah dengan kehadiran dan ketuntasan selama 5 semester. Termasuk juga ada penilaian dari sisi sikap/perilaku dan prestasi yang telah diraih,” pungkasnya. (Tim Website)

Exit mobile version