spot_img
Saturday, April 27, 2024
More
    spot_img
    HomeBappedaPemkab Sinjai Gelar Forum Perangkat Daerah, Bupati ASA Tekankan Ini

    Pemkab Sinjai Gelar Forum Perangkat Daerah, Bupati ASA Tekankan Ini

    Dengar SBFM Live di sini

    -

    Html code here! Replace this with any non empty raw html code and that's it.

    SINJAI – Bertempat di ruang pola kantor Bupati Sinjai, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sinjai menyelenggarakan Forum Perangkat Daerah, Senin, (21/03/2022).

    Forum tersebut dibuka Bupati Sinjai yang diwakili Plt Asisten Administrasi Pemerintahan dan Kesra Setdakab Sinjai, A. Ilham Abubakar.

    Selaku pihak pelaksana, Kepala Bappeda Sinjai Irwan Suaib dalam laporannya menyampaikan, forum perangkat daerah dilaksanakan sebagai wadah komunikasi antar OPD untuk menyelaraskan prioritas dan sasaran pembangunan antar perangkat daerah.

    “Tujuannya adalah untuk membentuk dokumen Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) tahun 2023. Hal tersebut berdasarkan amanat Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional,” bebernya.

    Irwan menjelaskan, mekanisme pelaksanaan forum perangkat daerah dimana masing-masing OPD menyiapkan dan memaparkan rancangan isu strategis permasalahan daerah yang akan diangkat pada rencana kerja pemerintah daerah tahun 2023 yang bersumber dari usulan Musrenbang kecamatan, data-data yang ada maupun hasil kajian perangkat daerah.

    Sementara, Plt Asisten Administrasi Pemerintahan dan Kesra Setdakab Sinjai, A. Ilham Abubakar saat membacakan sambutan Bupati Sinjai menyampaikan peranan penting RKPD tahun 2023 sebagai dokumen akhir yang merupakan tahun kelima atau tahun terakhir dalam pelaksanaan RPJMD Kabupaten Sinjai 2018-2023.

    “RKPD tahun 2023 memegang peranan kunci sebagai tahun penutup untuk menuntaskan visi dan misi serta program unggulan Pemerintah Daerah yang tertuang dalam RPJMD dan rencana strategis perangkat daerah tahun 2018-2023,” ucapnya.

    Olehnya itu, ia menekankan seluruh perangkat daerah agar dalam menyusun RKPD 2023, dibutuhkan langkah-langkah konkret untuk menyisir dan menyelesaikan target-target pembangunan.

    “Saya selaku Bupati selalu optimis bahwa visi misi serta program unggulan yang dicanangkan pemerintah daerah tetap kita optimis untuk diwujudkan. Meskipun di tengah keterbatasan anggaran, saya berharap perangkat daerah bekerja secara efektif dan efisien,” pesannya.

    Pada forum ini, tampak terlibat para Kepala OPD, para Kepala Bagian, para Kasubag Program, Camat, Kepala Desa dan Lurah yang berjumlah sekitar 100 orang.

    Forum perangkat daerah akan dilaksanakan dengan membagi kelompok diskusi menjadi 3 bidang, antara lain bidang infrastruktur dan kewilayahan, bidang pemerintahan dan pembangunan manusia, serta bidang ekonomi dan sumber daya alam.(Tim Website)

    Related articles

    -
    Ubah Bahasa :
    -

    Latest posts