315 Calon Penerima Bantuan Pendidikan dan Beasiswa Berprestasi Diverifikasi

0
373

SINJAI – Panitia seleksi penerimaan program bantuan pendidikan dan beasiswa berprestasi yang telah dibuka pendaftaran dari tanggal 12 hingga 25 November 2020, kini memasuki tahap verifikasi berkas.

Sedikitnya ada 315 pendaftar yang telah dinyatakan lolos adminstrasi, baik untuk program bantuan penyelesaian studi maupun beasiswa berprestasi untuk tingkat Sarjana (S1) hingga Doktor (S3).

Ketua Panitia Seleksi (Pansel), Muh. Adli Arifin mengungkapkan, bahwa 315 calon penerima bantuan ini sebelumnya telah lolos administrasi sesuai syarat yang telah ditentukan.

“Mereka ini mendaftar secara online sebanyak 129 orang dan 186 yang mendaftar secara offline melalui Sekretariat Panitia disini,” kata Adli saat ditemui di Aula Handayani Dinas Pendidikan Sinjai, Kamis (26/11/20).

Selanjutnya, Pansel saat ini melakukan verifikasi berkas kemudian dilanjutkan rapat pleno sebelum dilakukan verifikasi faktual ke Perguruan Tinggi asal calon penerima bantuan.

“Jadi hari ini kita lakukan pleno pertama setelah verifikasi berkas dan setelah itu dilakukan verifikasi faktual oleh tim pansel selama empat hari, dari tanggal 30 November hingga 3 Desember, setelah itu diumumkan pada hari Jumat tanggal 4 Desember 2020,” urainya.

Setelah itu diberikan masa sanggah selama 10 hari kerja dan dari hasil masa sanggah, kemudian selanjutnya diumumkan nama-nama yang berhak menerima bantuan untuk selanjutnya akan ditetapkan melalui Keputusan Bupati Sinjai.

Adapun tim pansel yang dilibatkan dalam program ini terdiri atas 13 orang yang didalamnya berasal dari unsur Pemerintah Daerah, Akademisi dan Tokoh Masyarakat.

Adli menambahkan, bahwa dari 315 pendaftar ini, terdiri dari mahasiswa strata satu (S1) sebanyak 230 pendaftar, program Magister (S2) 75 pendaftar dan program Doktor (S3) 10 pendaftar. Dari sekian jumlah pendaftar terebut, dominan pendaftar memilih program bantuan biaya pendidikan penyelesaian studi.

Sekedar diketahui, kuota yang disiapkan untuk program bantuan pendidikan dan beasiswa berprestasi ini, sebanyak 130 orang yang terdiri dari 100 Strata Satu (S1), 20 orang Magister (S2), dan 10 orang untuk Program Doktor (S3). (Tim Website)