Wujudkan Pendidikan Berkualitas, Disdik Sinjai Seleksi Calon Pengawas Sekolah

0
178

SINJAI – Persoalan kekurangan pengawas sekolah di berbagai wilayah, masih jadi pekerjaan rumah seluruh pemangku kepentingan. Tak terkecuali di Kabupaten Sinjai yang memiliki ratusan lembaga pendidikan di tingkat SD dan SMP.

Kondisi itu, tentunya menjadi dilema di saat banyak harapan yang digantungkan agar pendidikan terus naik kualitasnya. Tapi, di sisi lainnya, yaitu pengawasan lembaga sekolah, personel pengawasnya jauh di bawah ideal dalam mewujudkan pendidikan berkualitas.

Dari data Dinas Pendidikan Sinjai, pengawas sekolah di Sinjai sampai tahun ini masih sangat jauh dari ideal. Yakni, satu pengawas bertugas untuk memonitoring 18-24 lembaga pendidikan. Padahal, idealnya adalah satu pengawas bertugas mengcover 6 satuan pendidikan saja.

Dinas Pendidikan Kabupaten Sinjai pun, tak menampik bahwa untuk pengawas sekolah di wilayahnya memang masih jauh dari ideal.  Seperti yang disampaikan Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Sinjai Andi Jefrianto Asapa, Kamis (26/11/20).

“Jumlah Pengawas sekolah di Sinjai di tingkat TK/PAUD 3 orang, tingkat SD hanya 6 orang dan di tingkat SMP juga 6 orang. Disisi lain jumlah TK/ PAUD sekitar 300 lebih, SD ada 243 sekolah dan SMP 43 sekolah. Jadi memang pengawasan tidak optimal, ” katanya.

Untuk mengatasi hal tersebut, Dinas Pendidikan Kabupaten Sinjai saat ini melakukan seleksi Calon Pengawas Sekolah yang diikuti sebanyak 46 orang.

“Mudah-mudahan tingkat persentase kelulusan dalam seleksi ini bisa lebih tinggi diatas 70 persen sehingga bisa mengurangi kekurangan jumlah pengawas sekolah yang ada.,” harapnya.

Selain itu kata Mantan Kepala Kantor Kesbangpol ini, upaya lain yang akan dilakukan adalah dengan mengembangkan aplikasi learning sistem. Sistem ini nantinya proses administrasi yang dilakukan oleh guru dapat dipantau secara online oleh Pengawas sekolah.

“Jadi Pengawas sekolah tidak perlu turun ke sekolah tiap hari untuk memantau guru tetapi ada aplikasi yang digunakan secara online inas piuntuk memantau guru di sekolah,”, tambahnya.

Sementara itu Koordinator Pengawas Sekolah, Drs. H. Abd. Azis menyambut baik dengan upaya yang dilakukan oleh Dinas Pendidikan Sinjai dalam rangka meningkatkan kuantitas Pengawas Sekolah melalui rekrutmen yang dilakukan.

“Kami sangat bersyukur dan mengucapkan terima Kasih kami ucapkan kepada Pemerintah Daerah melalu Dinas Pendidikan yang telah membuka seleksi calon pengawas, sebab keberadaan Pengawas sekolah sangatlah penting dalam mengawal 8 standar pendidikan, ” ucapnya dalam dialog Kependidikan beberapa hari yang lalu. (Tim Website)