Wabup Sinjai Harap Rakor Kewaspadaan Dini Daerah Jadi Prioritas

0
342

SINJAI – Wakil Bupati Sinjai, Hj Andi Kartini Ottong menyambut baik Rapat Koordinasi (Rakor) Kewaspadaan Dini Daerah, yang digelar Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Sinjai di Ruang Pola Kantor Bupati Sinjai, Senin (9/3/2020).

Pasalnya, rakor tersebut menurut Andi Kartini sebagai upaya untuk mendorong terciptanya stabilitas keamanan dan kenyamanan lingkungan.

Selain itu mengantisipasi berbagai bentuk ancaman, tantangan, gangguan hingga mendeteksi dan mencegah dini setiap hal-hal yang dapat mempengaruhi jalannya pembangunan.

“Jadi rakor tersebut sangat positif dalam hal menangkal hal-hal yang akan terjadi di Kabupaten Sinjai kedepan”, katanya yang ditemui disela-sela kegiatan tersebut.

Meski Kabupaten Sinjai terbilang kondusif namun Andi Kartini berharap, semua sektor harus siap jika sewaktu-waktu terjadi hal yang tidak diinginkan sehingga melalui rakor ini diharapkan terus berkesinambungan dan ditindak lanjuti hingga ke tingkat bawah.

“Saya berharap ini bisa dilakukan secara kontinu untuk menghindari hal-hal yang kita tidak kehendaki baik dari segi politik, ekonomi, sosial dan budaya maupun pertahanan dan keamanan”, harapnya.

Terpisah Plt. Kepala Kesbangpol Sinjai Andi Jefrianto Asapa mengatakan, rakor tersebut dilaksanakan sesuai Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) RI nomor 2 tahun 2018 tentang Kewaspadaan Dini di Daerah.

Sasarannya tidak lain, untuk bagaimana menyatukan persepsi antar semua pemangku kepentingan dari kalangan OPD, Camat, Kapolsek, Koramil beserta dengan Kepala Desa dalam rangka menyikapi perkembangan situasi dan kondisi di kabupaten saat ini, khususnya terkait dengan isu-isu yang sentral sekali.

“Banyak hal yang dibahas tadi termasuk isu corona, narkoba juga terkait dengan situasi kondisi cuaca. Jadi itu yang merupakan satu hal yang kita ingin bangun, satu kesimpulan, satu langkah dalam menyikapi perkembangan situasi yang ada”, katanya.

Jefrianto yang juga Kadis Pendidikan Sinjai berharap, rakor ini memberi motivasi kepada semua peserta agar sudah bisa melakukan langkah-langkah antisipasi terkait dengan perkembangan isu dan perkembangan situasi dan kondisi di wilayah masing-masing”, harapnya.

Rakor Kewaspadaan Dini Daerah turut dihadiri Wakil Ketua II DPRD Sinjai Mappahakkang, Kapolres Sinjai AKBP Iwan Irmawan, Dandim 1424 Sinjai Letkol Inf Oo Sahrojat, Kepala Kejaksaan Negeri Aji Prasetya, Kepala OPD, TNI/Polri, Setkab Sinjai, para Camat/Lurah Sinjai serta tamu undangan lainnya. (Irawan/Fatmawati Kominfo Sinjai)