spot_img
Sunday, April 28, 2024
More
    spot_img
    HomeBeritaPenyuluh Pertanian di Sinjai Lakukan Langkah Solutif Atasi Penyakit Blas yang Serang...

    Penyuluh Pertanian di Sinjai Lakukan Langkah Solutif Atasi Penyakit Blas yang Serang Tanaman Padi

    Dengar SBFM Live di sini

    -

    Html code here! Replace this with any non empty raw html code and that's it.

    SINJAI, – Petani di Kecamatan Sinjai Timur mengeluhkan produktivitas tanaman padinya yang disebabkan merebaknya penyakit blas di lahan pertanian mereka.

    Keluhan petani terkait serangan penyakit blas pada tanaman padinya itu mendapatkan tanggapan cepat dari penyuluh pertanian setempat.

    Dalam kegiatan pemantauan langsung ke lapangan, Edi salah seorang petani di Desa Kampala Kecamatan Sinjai Timur mengungkapkan kekhawatiran mereka terhadap merebaknya penyakit blas di lahan pertaniannya.

    “Serangan penyakit ini mengancam hasil panen kami dan berpotensi menimbulkan kerugian yang besar,” ucapnya, Selasa (26/03).

    Menyikapi hal tersebut, penyuluh pertanian di Kecamatan Sinjai Timur segera mengambil langkah-langkah preventif dan penyuluhan kepada para petani.

    Koordinator Balai Penyuluhan Pertanian Kecamatan Sinjai Timur, Safrullah mengutarakan, salah satu langkah yang diambil adalah memberikan informasi tentang cara pengendalian penyakit blas yang efektif.

    “Menghadapi serangan penyakit blas pada tanaman padi memang memerlukan langkah-langkah yang tepat dan cepat tanggap. Kami telah memberikan penyuluhan kepada para petani tentang tindakan preventif yang dapat dilakukan salah satunya yaitu penggunaan pupuk yang sesuai untuk tanaman, seperti pada tanaman padi ini terlihat penggunaan pupuk urea yang tinggi sehingga mengakibatkan tanaman rentan terkena hama penyakit,” ungkapnya.

    Selain itu, tim penyuluh pertanian juga aktif melakukan monitoring terhadap perkembangan penyakit blas di lapangan serta memberikan bantuan teknis secara langsung kepada petani yang membutuhkan.

    “Dengan kerjasama antara petani dan penyuluh pertanian, kami optimis dapat mengatasi permasalahan ini secara efektif dan meminimalisir kerugian yang ditimbulkan oleh serangan penyakit pada tanaman padi,” tambahnya.

    Langkah-langkah preventif yang diambil oleh penyuluh pertanian ini diharapkan dapat membantu para petani di Kecamatan Sinjai Timur menghadapi tantangan dalam pertanian mereka, sehingga dapat meningkatkan produksi dan kesejahteraan petani di Daerah tersebut. (Tim Website)

    Related articles

    -
    Ubah Bahasa :
    -

    Latest posts