spot_img
Saturday, April 27, 2024
More
    spot_img
    HomeBeritaPj Ketua TP PKK Sinjai Ingatkan Peran Kader Posyandu Tangani Stunting

    Pj Ketua TP PKK Sinjai Ingatkan Peran Kader Posyandu Tangani Stunting

    Dengar SBFM Live di sini

    -

    Html code here! Replace this with any non empty raw html code and that's it.

    SINJAI, – Pj Ketua Tim Penggerak (TP) PKK Kabupaten Sinjai, Cut Resmiati menjadi narasumber utama pada kegiatan pelatihan Pembuatan Pemberian Tambahan Makanan (PMT) berbahan pangan lokal  yang diselenggarakan di Kelurahan Mannanti, Kecamatan Tellulimpoe pada Sabtu (16/12).

    Dalam kegiatan tersebut, Cut Resmiati menjelaskan bahwa kader posyandu memiliki peran sentral dalam mencegah stunting. Kader posyandu memiliki tanggung jawab bulanan untuk mengadakan posyandu guna mencatat dan memantau kondisi ibu hamil dan bayi.

    “Kader posyandu memegang peran yang sangat penting karena mereka berada di garis depan untuk memantau kesehatan ibu hamil dan bayi. Jika bayi bermasalah dengan berat badan, kader harus cepat bertindak. Ini menjadi kunci agar tidak ada lokus stunting,” jelasnya. 

    Untuk pencegahan stunting, Cut Resmiati memaparkan langkah-langkah konkrit yang dapat diambil oleh kader posyandu. 

    “Jika berat badan bayi tidak bertambah, kader harus dapat mengidentifikasi apakah bayi berada dalam zona kuning. Jika demikian, mereka harus segera mencari pendamping gizi atau dokter. Selain itu, setiap puskesmas sekarang memiliki program Pemberian Makanan Tambahan (PMT) yang dapat membantu masyarakat untuk memenuhi kebutuhan gizi anak,” paparnya.

    Terakhir, Ia juga mengajak masyarakat untuk bersama-sama mendukung upaya pemerintah dalam mengatasi stunting dengan lebih memperhatikan asupan gizi dan berat badan anak. 

    “Mari bersama-sama membantu pemerintah agar anak-anak dan ibu keluar dari lokus stunting. Perhatikan berat badan mereka dan segera ambil langkah jika ada masalah,” tutup Cut Resmiati. (Tim Website)

    Related articles

    -
    Ubah Bahasa :
    -

    Latest posts