spot_img
Saturday, April 27, 2024
More
    spot_img
    HomeBeritaJuara Nasional, Pj Bupati Sinjai Terima Penghargaan Dari Kemendikbud Ristek RI

    Juara Nasional, Pj Bupati Sinjai Terima Penghargaan Dari Kemendikbud Ristek RI

    Dengar SBFM Live di sini

    -

    Html code here! Replace this with any non empty raw html code and that's it.

    JAKARTA, – Implementasi Program Daerah Jawara Belajar.id dari Kemendikbud Ristek RI yang dijalankan Dinas Pendidikan (Disdik) Sinjai berhasil keluar sebagai juara 2 Nasional.

    Atas raihan prestasi yang membanggakan ini, Pemerintah Kabupaten Sinjai diganjar penghargaan dari Kemendikbud Ristek RI.

    Penghargaan tersebut diterima langsung Penjabat (Pj) Bupati Sinjai, TR Fahsul Falah di dampingi Kadis Pendidikan Kabupaten Sinjai, Irwan Suaib pada Malam Anugerah KIHAJAR 2023 yang digelar di Kemendikbud Ristek Senayan Jakarta, Jumat (18/11) malam.

    Raihan prestasi tingkat Nasional ini menjadikan Kabupaten Sinjai satu-satunya Daerah di Sulawesi Selatan (Sulsel) yang meraih penghargaan tersebut.

    Predikat Daerah Jawara Belajar.id ini merupakan penghargaan tertinggi kepada Daerah yang telah sukses melaksanakan transformasi pembelajaran di satuan pendidikan melalui pemanfaatan akun belajar.id yang menjadi program utama dari Kemendikbud Ristek RI.

    Pj. Bupati Sinjai, T.R Fahsul Falah berharap Raihan penghargaan ini menjadi pemacu semangat untuk terus memotivasi seluruh komponen pelaku pendidikan di kabupaten Sinjai untuk memajukan dan terus meningkatkan kualitas maupun mutu pendidikan.

    Tak sampai disitu, Fahsul Falah meminta dengan raihan penghargaan ini, kedepan Kabupaten Sinjai bisa menerapkan sistem tranformasi pembelajaran dan mendorong sekolah di Sinjai bisa menjadi sekolah rujukan Google (SRG).

    Menurutnya, transformasi digital merupakan kunci untuk memajukan sistem pendidikan Indonesia. Guru-guru dituntut untuk dapat memanfaatkan teknologi digital untuk menghadirkan pembelajaran yang menarik dan lebih bermakna.

    “Para pelajar harus siap menghadapi perkembangan zaman dan menjadi inovator di masa depan, sehingga kedepan saya berharap di Sinjai nanti akan ada sekolah rujukan SGR,” pungkasnya.

    Terpisah Kadisdik Sinjai, Irwan Suaib membeberkan raihan penghargaan peringkat 2 Nasional program Daerah Jawara Belajar.id diperoleh bukan tanpa alasan, sebab dari hasil penilaian dan rekapitulasi sistem Kemendikbud Ristek, persentase aktivasi akun mencapai 99,95 persen.

    Selain itu, sebanyak 47.438 pengiriman bukti karya pemanfaatan chromebook, dan 19 ribu lebih siswa/siswi lebih lulus uji kompetensi program tersebut.

    Raihan ini, kata dia menjadi bukti nyata upaya Pemerintah Kabupaten Sinjai dalam meningkatkan literasi, dan juga kompetensi para siswa, dan guru. Terutama terkait pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi untuk media pembelajaran.

    “Jadi ini memang berkat konsistensi seluruh pihak yang ada di satuan pendidikan baik dari kebersamaan, kekompakan dan komunikasi antara dinas pendidikan dan seluruh satuan pendidikan yang tidak pernah putus untuk menyukseskan program ini,” jelasnya.

    Malam Anugerah KIHAJAR 2023 yang mengusung tema “Menguatkan Ekosistem Digital Pendidikan dengan Berkarya dan Berbagi untuk Wujudkan Merdeka Belajar”,ini juga dihadiri sejumlah Kepala Daerah pemenang kategori Program Daerah Jawara Belajar.id. (Tim Website)

    Related articles

    -
    Ubah Bahasa :
    -

    Latest posts