spot_img
Saturday, April 27, 2024
More
    spot_img
    HomeBeritaBuka Workshop Smart Kampung dan Launching Dua Aplikasi Layanan, Ini Harapan Bupati...

    Buka Workshop Smart Kampung dan Launching Dua Aplikasi Layanan, Ini Harapan Bupati ASA

    Dengar SBFM Live di sini

    -

    Html code here! Replace this with any non empty raw html code and that's it.

    SINJAI, – Pemanfaatan teknologi informasi yang inovatif dan kreatif terus digaungkan Pemerintah untuk mengatasi permasalahan yang semakin berkembang dan kompleks. Hal tersebut sejalan dengan program Smart Kampung yang digagas dimasa Pemerintahan Bupati Sinjai Andi Seto Asapa (ASA).

    Konsep pembangunan Smart Kampung itu sendiri merupakan pembangunan yang bekelanjutan dan memiliki daya saing serta meluncurkan inovasi agar masyarakat lebih aman, nyaman, mudah dalam mendapatkan pelayanan publik.

    Pelaksanaan smart kampung di Kabupaten Sinjai dimulai dengan mengaktifkan semua website desa dan kelurahan, sebab website tersebut yang akan menjadi landing page untuk semua informasi dan pelayanan publik yang disediakan oleh desa dan kelurahan.

    Hal ini dikatakan Bupati Andi Seto Asapa (ASA) saat membuka Workshop Smart Kampung sekaligus melakukan launching aplikasi Layanan Mandiri Smart Kampung Desa Tongke-Tongke dan aplikasi satu data (ASA), Rabu, (13/9/2023) di Gedung Command Center.

    Dia mengaku bangga karena berdasarkan informasi dari Kepala Dinas Kominfo dan Persandian saat ini hampir semua desa yang ada di Kabupaten Sinjai memiliki website desa.

    “Insya Allah dengan adanya website desa tersebut kita punya harapan bisa dikoneksikan dengan layanan aplikasi satu data. Karena seperti kita ketahui bersama bahwa aplikasi satu data merupakan arahan dari Presiden yang mana diharapkan bahwa setiap daerah bisa diketahui mengenai potensi daerahnya,” ujarnya.

    Nantinya satu data ini akan menjadi pijakan bagi pemerintah daerah untuk mengambil kebijakan. Dengan begitu aplikasi ini bisa digunakan dan dimanfaatkan dengan baik tentu bukan hanya dari pemerintah kabupaten tetapi juga untuk pemerintah desa yang ada di Kabupaten Sinjai.

    “Saya juga meminta untuk mempelajari aplikasi Srikandi yang di dorong oleh Kementerian Kominfo. Aplikasi Srikandi itu ujungnya adalah tanda tangan elektronik. Jadi dengan adanya aplikasi Srikandi teman-teman nanti tidak perlu melakukan tanda tangan manual tinggal klik pakai handphone, dokumen sudah bisa keluar seperti, surat pengantar dan surat izin,” imbuhnya.

    Bupati ASA berharap seluruh elemen, baik pemerintah maupun masyarakat untuk terus berkolaborasi dan bekerjasama agar dapat meningkatkan pelayanan masyarakat menjadi lebih baik, lebih transparan, akuntabel dan dapat meningkatkan berbagai kegiatan dan layanan.

    Kepala Dinas Kominfo dan Persandian Sinjai, Mansyur mengatakan bahwa workshop ini dilaksanakan tak lain untuk mengetahui secara langsung pelaksanaan visi misi Bupati Sinjai yakni Smart Kampung.

    “Ini merupakan inovasi yang diharapkan bisa diterapkan diseluruh desa sehingga dengan layanan ini dapat membantu masyarakat memperlancar layanan publik yang ada di desa masing-masing. Kami dari Dinas Kominfo tentu bersedia melakukan pendamping dalam pengembangan aplikasi yang nantinya akan diterapkan di desa,” ujarnya.

    Mansyur menyebut bahwa saat ini semua admin desa telah aktif. Karena itu pihaknya senantiasa akan melakukan pendampingan dalam hal pengembangan website desa. Sebab menurut dia, website tersebut akan membantu desa untuk mempromosikan dan menginformasikan mengenai apa yang menjadi latar belakang dari desa tersebut.

    Workshop smart kampung ini juga memperkenalkan layanan mandiri yang telah disediakan oleh Desa Tongke-Tongke. Layanan mandiri ini telah dibuat menjadi sebuah perangkat seperti anjungan layanan mandiri sehingga masyarakat yang datang ke kantor desa bisa langsung melakukan pelayanan mandiri. Selain itu layanan mandiri ini juga bisa diakses dengan mudah melalui internet.

    Kegiatan ini dihadiri Asisten I Bidang Administrasi Pemerintahan dan Kesra Setdakab Sinjai, Andi Irwansyahrani Yusuf, Kepala Dinas PMD Yuhadi Samad, Ketua APDESI Sinjai serta para Kepala Desa se-Kabupaten Sinjai. (Tim Website)

    Related articles

    -
    Ubah Bahasa :
    -

    Latest posts