Hadirkan Duta Baca Indonesia, FTBM Sinjai Gagas Jelajah dan Temu Pegiat Literasi

0
220

SINJAI, – Forum Taman Bacaan Masyarakat (FTBM) Kabupaten Sinjai menggelar Jelajah Literasi Duta Baca Indonesia dan Temu Pegiat Literasi Se-Kabupaten Sinjai.

Kegiatan ini menghadirkan Duta Baca Indonesia Gol A Gong. Acara pelepasan jelajah Literasi Duta Baca Indonesia ini berlangsung di Aula Kantor Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Sinjai, Jumat (23/9/2022).

Ketua FTBM Sinjai Mirfayani Mirsal mengatakan bahwa tujuan dilaksanakan kegiatan ini adalah sebagai ajang menyalurkan ide, gagasan, inovasi untuk kemajuan gerakan literasi di Sinjai.

“pertemuan ini juga sebagai wadah untuk memperkuat silaturahmi antara pegiat literasi dan pengelola TBM se-Kabupaten Sinjai,” jelasnya.

Dalam ajang ini ada beberapa kegiatan yang akan dilaksanakan seperti kunjungnan ke perpustakaan desa di Barania yang merupakan penerima manfaat program nasional transformasi Perpustakaan Berbasis inklusi Sosial, kemah literasi di Kampung Literasi di desa Kalobba, kunjungan ke kampung adat Karampuang terkait literasi budaya, diskusi para pegiat literasi dan coaching clinic menulis.

“Jadi dalam sepekan hingga tanggal 27 September 2022 serangkaian kegiatan ini kita didampingi oleh Duta Baca Indonesia, termasuk Duta Baca Kabupaten Sinjai,” ucapnya.

Sementara itu Bupati Sinjai Andi Seto Asapa (ASA) yang diwakili oleh Kadis Perpustakaan dan Kearsipan Sinjai Dr. Mansyur yang melepas kegiatan ini berharap melalui serangkaian kegiatan yang diagendakan dapat mengenalkan kembali 6 literasi dasar kepada masyarakat Sinjai dan mengkampanyekan budaya menulis dan membaca.

Selain itu dengan kehadiran Duta Baca Indonesia di Sinjai dapat mendorong pengembangan literasi masyarakat, menebar semangat dalam peningkatan minat baca menuju masyarakat Sinjai yang unggul dan berdaya saing.

“Semoga dengan adanya kegiatan ini kita mampu membangun masyarakat yang semakin kreatif, tidak hanya sekedar cakap dalam memanfaatakn media baca tetapi juga mampu menuangkan ide dan gagasan dengan baik,” harapnya.

Sementara itu Duta Baca Indonesia, Gol A Gong yang juga sastrawan bernama asli Heri Hendrayana Haris ini dalam kesempatan tersebut memantik para pegiat literasi untuk mengkampanyekan budaya membaca dan menulis di kalangan masyarakat.

Kegiatan ini dihadiri oleh Sekretaris Dispusip Sinjai A. Adityawarman Atma Putra, Duta Baca Kabupaten Sinjai Satmaniar, para Lurah Se Kecamatan Sinjai Utara, Pustawan dan pegiat literasi. (Tim Website)

Previous articleYayasan Jantung Indonesia Kerja Sama Yayasan Hadji Kalla dan Dinkes Gelar Pendidikan Pelatih Klub Senam Jantung Sehat di Sinjai
Next articleLink Twibbon Porprov Sulsel XVII 2022, Ayo Pasang Foto Kamu!