Besok Menparekraf Sandiaga Uno Kunjungi Desa Wisata Barania

0
217

SINJAI, – Penilaian Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) tahun 2022 yang dilakukan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) Republik Indonesia di Desa Wisata Barania, kecamatan Sinjai Barat, Kabupaten Sinjai akhirnya tiba, Rabu (7/9).

Usai tim visitasi melakukan penilaian selama sehari penuh, giliran Menparekraf RI, Sandiaga Salahuddin Uno bakal menyambangi Desa Wisata Barania, Kamis (8/9) besok.

Sandiaga Uno, dijadwalkan tiba di Desa Barania sekira pukul 08:30 Wita. Kedatangan Sandiaga Uno ke Desa Wisata Barania, Kecamatan Sinjai Barat, dalam kapasitas sebagai wisatawan sekaligus berdialog dengan pelaku pariwisata serta pelaku UMKM.

Dia akan disambut langsung oleh Bupati Sinjai, Andi Seto Asapa (ASA) didampingi Ketua TP PKK Sinjai, Hj Andi Nurhilda Daramata Seto serta Forkopimda dan jajaran Pemkab Sinjai. Termasuk masyarakat setempat.

“Setelah sehari penuh tim visitasi melakukan penilaian, Insya Allah mas Menteri (Sandiaga Uno Read) akan datang besok sebagai wisatawan untuk melihat langsung Desa Wisata Barania yang masuk dalam 50 nominasi ADWI tahun ini,” ucap Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Sinjai, Drs. Yuhadi Samad.

Menurut Yuhadi, selama berada di Desa Barania, Menparekraf menyambangi sejumlah obyek wisata seperti Kampung Galung serta Pattinroang Highland.

Selain itu, Menparekraf juga dijadwalkan menyambangi usaha pandai besi Kaddorobukua yang dipelopori oleh emak-emak hingga titik 1.000 Agro Maddakko. Termasuk menyaksikan atraksi pembuatan dodol, gula merah dan lemang.

Dia berharap, kedatangan Menparekraf Sandiaga Uno membawa berkah dan manfaat untuk kemajuan pariwisata di Bumi Panrita Kitta’, khususnya Desa Wisata Barania agar dapat dikenal luas.

“Kita berharap mudah-mudahan ada yang dibawa seperti lembaga atau perusahaan yang bisa melakukan pembinaan ke kami sehingga kedepan kita bisa lebih berkembang dan siap mejadi Desa wisata yang dikenal dan dikagumi oleh wisatawan,” harapnya.

Sekadar diketahui, Desa Barania masuk nominasi 50 Desa Wisata terbaik di Indonesia pada ADWI 2022. Desa yang dipimpin Firman Maddolangeng berhasil lolos dari 3.419 Desa di 34 provinsi yang mengikuti ajang tingkat Nasional ini. (Tim Website)

Previous articleTim Penilai ADWI Kemenparekraf RI Kagumi Wisata Alam Desa Barania
Next articleBerkunjung Sebagai Wisatawan di Desa Barania, Besok Sandiaga Uno Bakal Disuguhkan Kuliner Lokal Khas