spot_img
Monday, May 20, 2024
More
    spot_img

    PPIH Sinjai Siapkan 11 Armada Bus Bawa 240 Jemaah Haji ke Asrama Haji Sudiang 

    More articles

    SINJAI – Pemberangkatan jemaah haji Kabupaten Sinjai menuju tanah suci Makkah, Arab Saudi telah terjadwal. 240 jemaah haji Sinjai bakal berangkat menunaikan rukun Islam kelima pada 14 Mei 2024 mendatang melalui Embarkasi Makassar (UPG).

    Namun, sebelum berangkat jemaah haji bakal menjalani serangkaian proses pemberangkatan terlebih dahulu di Asrama Haji Sudiang. Rencananya jemaah haji Sinjai akan menginap semalam sebelum berangkat ke tanah suci Makkah.

    Untuk pemberangkatan dari Kabupaten Sinjai ke Asrama Haji Sudiang, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sinjai melalui Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Kabupaten juga telah terjadwal pada Minggu, 12 Mei 2024 mendatang, mengambil titik kumpul di Masjid Agung Nujumul Ittihad.

    Menurut Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kabag Kesra) Setdakab Sinjai, Hj Kamriah Yusuf, sesuai hasil koordinasi dengan Kementerian Agama (Kemenag) Sinjai, jemaah haji akan meninggalkan Kabupaten Sinjai pada Minggu, 12 Mei malam sekitar pukul 22:00 Wita.

    Jemaah haji Kabupaten Sinjai bakal diangkut menggunakan bus sebanyak 11 armada yang telah disiapkan. Rombongan menempuh perjalan menuju Kota Makassar melalui rute Bulukumba. 

    “Jumlahnya 11 armada. 10 yang akan dipakai mengangkut jemaah haji, 1 armada cadangan jika sewaktu-waktu terjadi kendala pada salah satu bus. Tapi kita berharap semuanya berjalan lancar,” ungkapnya, Rabu (24/4/2024).

    Dijelaskan Kamriah, bahwa setiap armada bisa yang ditumpangi jemaah haji juga akan disiapkan tenaga kesehatan dan keamanan dari personel Polres Sinjai. Sama seperti pola pemberangkatan yang dilakukan ditahun-tahun sebelumnya.

    “Setiap bus akan ditempatkan 1 Polisi dan tenaga kesehatan untuk berjaga-jaga dan mendampingi jemaah haji selama dalam perjalanan menuju Asrama Haji Sudiang,” jelasnya.

    Sebelumnya, Sekretaris Daerah (Sekda) Sinjai Andi Jefrianto Asapa memastikan seluruh armada bus yang akan ditumpangi jemaah haji Kabupaten Sinjai dalam keadaan layak. Pihaknya juga telah meminta instansi terkait untuk mengecek armada bus, begitupun sehari sebelum pemberangkatan untuk dilakukan uji kelayakan.

    “Insya Allah yang disiapkan armada bus yang layak. Dishub yang akan menguji nanti kelayakan armada sehari sebelum berangkat sehingga semuanya betul-betul siap,” jelasnya usai memimpin rapat koordinasi (rakor) pemberangkatan jemaah haji di Gedung B Kantor Bupati Sinjai, Senin (22/4/2024) lalu. (Tim Website)

    - Advertisement -spot_img

    Latest