Tim Penilai ADWI Kemenparekraf RI Kagumi Wisata Alam Desa Barania

0
222

SINJAI, – Desa Wisata Barania, Kecamatan Sinjai Barat kini menjalani penilaian atau visitasi sebagai peserta 50 besar Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI), Rabu (07/09/2022).

Visitasi yang dilakukan oleh tim penilai dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia (Kemenparekraf RI) ini mengunjungi beberapa titik lokasi di Desa Barania untuk menilai 7 kategori.

Diantaranya daya tarik pengunjung, home stay, souvenir, digital dan kreatif, toilet umum, kelembagaan Desa wisata, dan kategori Cleanliness, Health, Safety & Environment Sustainability (CHSE).

Salah satu penilai saat ditemui tim Web Sinjaikab, Agus Wiyono mengatakan mengaku kagum dengan keindahan wisata alam di Desa Barania.

“Selain kuat dengan daya tariknya, Desa wisata Barania juga sangat menantang,” ujarnya.

Disamping itu kata Agus, daya tarik wisata di Barania didukung dengan fasilitas yang memadai, seperti homestay dan fasilitas pendukung lainnya.

“Desa wisata itu wajib didukung dengan ketersediaan homestay. Di sini, homestay-nya sudah memenuhi standar kriteria,” tambahnya.

Agus juga mengapresiasi keragaman produk dari para pelaku usaha, seperti kuliner, makanan khas, serta kerajinan tangan atau produk kriya yang dihasilkan.

“Produknya sangat banyak dan beragam, tinggal diperkuat lagi nilai jualnya,” tandasnya.

Penilaian ADWI yang berlangsung sejak pagi hingga sore hari, sebelumnya telah dilakukan persiapan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sinjai bersama Pemerintah Desa Barania.

“Hari ini Desa Wisata Barania sudah menjalani penilaian ADWI. Sejumlah persiapan telah kita lakukan, dan semua organisasi perangkat daerah (OPD) ikut terlibat langsung di dalamnya. Kita berharap hasilnya bisa maksimal,” kata Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Sinjai, Yuhadi Samad.

Adapun lokasi yang didatangi tim penilai, yakni homestay, SDN 76 Pusanti, para pelaku ekonomi kreatif (ekraf) seperti kuliner makanan khas, serta produksi kerajinan tangan dan pandai besi.

Selain itu, destinasi wisata yang dikunjungi yakni camping ground Pattiroang Highland, titik 1000 agrowisata Maddakko, Air Terjun Salu Birayya dan terakhir Kampung Galung. (Tim Website)

Previous articlePer Agustus 2022, Realisasi Pajak Menara Telekomunikasi di Diskominfo Sinjai Telah Melampaui Target
Next articleBesok Menparekraf Sandiaga Uno Kunjungi Desa Wisata Barania