spot_img
Saturday, April 27, 2024
More
    spot_img
    HomeBappedaSeparuh Dari Total DAK Reguler Jalan Dikucurkan di Sinjai Timur

    Separuh Dari Total DAK Reguler Jalan Dikucurkan di Sinjai Timur

    Dengar SBFM Live di sini

    -

    Html code here! Replace this with any non empty raw html code and that's it.

    SINJAI – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sinjai menggelontorkan anggaran pembangunan sebesar Rp 27,37 miliar untuk Kecamatan Sinjai Timur pada tahun 2022 ini.

    Hal itu terungkap dalam kegiatan Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) tahun 2023 tingkat kecamatan Sinjai Timur yang digelar di Aula Kantor Camat Sinjai Timur, Selasa (22/2/2022).

    Kepala Bappeda Sinjai Irwan Suaib yang mewakili Bupati Sinjai Andi Seto Asapa (ASA) memaparkan bahwa anggaran sebesar ini diperuntukkan untuk pembangunan dari berbagai sektor demi kemajuan dan kesejahteraan masyarakat Sinjai Timur.

    Adapun beberapa lokus kegiatan pembangunan untuk anggaran sebesar itu antara lain di bidang pendidikan dialokasikan anggaran senilai Rp 3,2 miliar untuk pembangunan laboratorium, perpustakaan, rehabilitasi gedung sekolah, ruang kelas dan fasilitas lainnya, baik di sekolah tingkat PAUD, SD maupun SMP.

    Di sektor infrastruktur, peningkatan jalan pada 4 ruas jalan senilai Rp 21 miliar, pembangunan sistem pengelolaan air limbah skala permukiman senilai Rp 300 juta, penyediaan fasilitas kesehatan senilai Rp 1,5 miliar lebih, pengadaan perangkat sistem informasi kesehatan dan jaringan internet senilai Rp 55 juta.

    Selain itu, pembangunan jalan produksi peternakan senilai Rp 150 juta, irigasi sumur air tanah dangkal Rp 150 juta dan irigasi tersier senilai Rp 75 juta.

    Bantuan alsintan senilai Rp 450 juta dan insentif petugas keagamaan Rp 435 juta serta hibah untuk 8 masjid dan 2 pesantren senilai Rp 130 juta.

    Khusus untuk infrastruktur jalan, sambung Kepala Bappeda, Kabupaten Sinjai tahun ini memperoleh dana Alokasi Khusus (DAK) reguler sebesar Rp 40 miliar, dari jumlah tersebut Rp 20,8 miliar dikucurkan untuk kecamatan Sinjai Timur.

    “Jadi total DAK reguler infrastruktur jalan yang dikucurkan di Kabupaten Sinjai sebesar Rp 40 miliar, setengahnya itu untuk ruas jalan yang ada di Kecamatan Sinjai Timur dengan total panjang berkisar 10 kilometer,” jelasnya.

    Ruas jalan yang dimaksud masing-masing ruas jalan Bongki – Wae Pellae senilai Rp 8,5 miliar, ruas jalan Buakang – Kaloling Rp 3,9 miliar dan ruas jalan Maccini – Lasiai sebesar Rp 8,4 miliar. Sedangkan khusus pelebaran jalan Dompili – Kaloling menggunakan Dana Insentif Daerah (DID) senilai Rp 150 juta. (Tim Website)

    Related articles

    -
    Ubah Bahasa :
    -

    Latest posts