Stok Pupuk Bersubsidi di Sinjai Aman Hingga Akhir Desember

0
139

SINJAI – Para petani di Kabupaten Sinjai tidak perlu khawatir terhadap stok pupuk bersubsidi. Karena dipastikan aman hingga akhir Desember 2021 ini.

Hal ini disampaikan oleh Kepala Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan (TPHP) Kabupaten Sinjai H. Kamaruddin saat ditemui di Ruang Kerjanya, Selasa (07/12/2021).

Menurut Kamaruddin bahwa penyerapan pupuk bersubsidi hingga saat ini untuk jenis urea baru sekitar 73 persen atau dari alokasi 6.900 ton untuk periode Januari-Desember 2021, telah terserap 5.000 ton sehingga masih ada tersisa 1.800 ton.

Untuk pupuk jenis ZA serapannya 98 persen, kemudian pupuk NPK 80 persen dan pupuk organik lainnya penyerapannya baru 68 persen.

“Jadi kita pastikan ketersediaan pupuk bersubsidi hingga akhir tahun ini aman untuk musim tanam padi periode bulan Oktober 2021 – Maret 2022,” jelasnya.

Sementara untuk kebutuhan pupuk di bulan Januari tahun 2022, pihaknya masih menunggu penetapan kuota dari Kementerian Pertanian termasuk harga eceran tertinggi.

“Mudah-mudahan penetapan kuota dari Kementan bisa keluar lebih cepat di akhir Desember ini atau diawal bulan Januari 2022 sehingga kita bisa lebih cepat mengantisiapsi ketersediaan pupuk, ” tuturnya.

Meski demikian pihaknya bersama dengan distributor sudah mengantisipasi jika penetapan kuota dari Kementan mengalami keterlambatan.

Adapun potensi lahan untuk musim tanam padi untuk periode Oktober-Maret 2022 ini berkisar 16 ribu hektar lebih.

“Biasanya petani kita mulai menanam padi di akhir desember tetapi karena cuaca saat ini yang sudah memasuki musim hujan, sehingga sudah banyak petani kita yang sudah menanam sejak bulan november kemarin,” ucapnya.(Tim Website)

Previous articleTekan Angka Kematian Ibu dan Anak, Dinkes Gelar Audit Maternal dan Perinatal
Next articlePastikan Distribusi Pupuk Lancar, Kadis TPHP Sinjai Sidak Ke Gudang Pupuk