Wujudkan Generasi Emas, IGTKI-PGRI Sinjai Gagas Pelatihan Bagi Guru PAUD

0
156

SINJAI – Hari kedua pelaksanaan konferensi kerja Ikatan Guru Taman Kanak-Kanak Indonesia (IGTKI) Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Kabupaten Sinjai menggelar pelatihan pengembangan kurikukum 2013 PAUD berorientasi pembelajaran berbasis proyek.

Kegiatan yang berlansung di Aula Wisma Sanjaya Putra, Sabtu (27/11/2021) menghadirkan narasumber Dosen PAUD di Universitas Negeri Makassar (UNM) Dr. Rusmayadi S. Pd M. Pd.

Ketua IGTKI-PGRI Sinjai Arayyana Hamra mengatakan bahwa peatihan ini dilaksanakan dalam rangka meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) para guru PAUD dalam memberikan pelajaran kepada murid.

Menurutnya, di era industri 4.0, guru PAUD dituntut untuk terus berinovasi dan melahirkan ide dalam menciptakan metode pembelajaran untuk para peserta didik di lembaga masing-masing.

“Pelatihan ini diharapkan dapat meningkatkan kreatifitas dan inovasi para guru sehingga dapat membentuk karakter anak didik untuk mewujudkan generasi emas yang cerdas dan berkarakter,” jelasnya.

Sementara itu Dosen PAUD UNM Makassar Dr. Rusmayadi menyampaikan bahwa saat ini guru PAUD diharuskan melakukan inovasi pembelajaran untuk diterapkan di sekolah masing-masing sehingga lahirlah kebijakan pembelajaran yang berbasis proyek yang sesuai dengan kondisi saat ini.

Dikatakannya bahwa model pembelajaran berbasis proyek ini memungkinkan anak didik dapat berkolaborasi dan bekerjasama menghasilkan produk dalam pembelajaran sehingga anak didik bisa berkomunikasi dengan teman sebaya dan orang sekitarnya.

“Metode ini memungkinkan guru dan anak didik bersama-sama melakukan kegiatan tanpa ada lagi kegiatan yang sifatnya sendiri-sendiri sehingga ini bisa membuat anak dapat berinteraksi dengan lingkungan sekitarmya,” jelasnya.

Iapun berharap setelah pelatihan ini, seluruh lembaga PAUD yang ada di Kabupaten Sinjai dapat menerapkan metode pengembangan kurikukum 2013 PAUD berorientasi pembelajaran berbasis proyek agar mampu menghasilkan generasi penerus bangsa yang memiliki karakter dan mampu berbicara didepan teman-temannya.

Rusmayadi juga memberi apresiasi luar biasa kepada peserta pelatihan yang merupakan Kepala Sekolah dan Guru PAUD yang sangat antusias dalam mengikuti pelatihan tersebut.

Kegiatan yang disponsori oleh penerbit buku Erlangga ini sebelumnya dibuka oleh Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Sinjai A. Jefrianto Asapa pada Jumat kemarin (26/11/2021). (Tim Website)

Previous articleDorong Kader Kreatif, Pokja II PKK Gelar Bimtek Membatik Teknik Shibori
Next articleSambut Muktamar Ke- IV, Pengurus Wahdah Islamiyah Road Show