Home Berita Mudahkan UKM Peroleh Modal, Koperasi di Sinjai Siap Jadi Penyalur Kredit UMi

Mudahkan UKM Peroleh Modal, Koperasi di Sinjai Siap Jadi Penyalur Kredit UMi

0

SINJAI – Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Sinjai melaksanakan sosialisasi terkait persyaratan bagi koperasi untuk menjadi penyalur kredit Ultra Mikro (UMi).

Sosialisasi yang difasilitasi Dinas Koperasi UKM dan Tenaga Kerja ini dilaksanakan di Warkop Carita, Kamis (26/8/2021) yang dihadiri oleh Kabag Perekonomian dan Pembangunan Setdakab Sinjai A. Mandasini Saleh serta perwakilan dari beberapa pengurus Koperasi yang ada di Sinjai.

Kepala KPPN Sinjai Anas Fazri selaku narasumber dalam sosialisasi ini memaparkan secara detail terkait persyaratan yang harus dipenuhi oleh koperasi untuk menjadi penyalur kredit UMi serta kemudahan yang diperoleh pelaku usaha mikro dalam memperoleh bantuan modal kredit UMi melalui koperasi.

Menurut Anas, ini merupakan sebuah peluang bagi koperasi di Sinjai sebab mereka dapat bantuan dana bergulir dengan kredit bunga maksimum 4 persen per tahun.

“Sangat disayangkan bagi usaha mikro di Sinjai jika tidak memperoleh kemudahan dalam berusaha, mereka harus mengambil kredit pada rentenir karena mereka tidak punya akses ke bank yang mengharuskan ada jaminan, ada NPWP dan bunga tinggi. Sedangkan jika di koperasi, mereka hanya memiliki KTP, punya usaha dan tidak punya KUR, ” pungkasnya.

Ia berharap koperasi yang memenuhi syarat segera mengajukan proposal ke Pusat Investasi Pemerintah (PIP) sehingga bantuan dana bergulir ini bisa segera dinikmati oleh pelaku usaha mikro.

Pelaksana Tugas Kadis Koperasi UKM dan Tenaga Kerja Kabupaten Sinjai A. Ilham Abubakar menyampaikan bahwa sebelum sosialisasi ini, telah dilaksanakan sosialisasi secara virtual oleh PIP kepada dua koperasi yang ada di Sinjai namun kedua koperasi tersebut tidak tertarik sebagai penyalur UMi.

“Hari ini kita kembali lakukan sosialisasi untuk empat koperasi dengan mengundang KPPN Sinjai dan alamdulillah pengurus koperasi yang hadir tertarik untuk menjadi penyalur UMi bagi usaha mikro, ” jelasnya.

Lebih lanjut dikatakan Ilham yang juga selaku Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setdakab Sinjai ini bahwa Bupati Sinjai Andi Seto Asapa (ASA) sangat berharap ada koperasi di Sinjai yang menjadi penyalur kredit UMi.

“Ini merupakan tindak lanjut dari MoU antara Bupati Sinjai dengan Kepala Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Sulawesi Selatan beberapa waktu lalu. Beliau (Bupati) sangat berharap di Sinjai ada bantuan modal bagi UKM kita yang tidak ada jaminan dan bunga cukup rendah, tentu ini sangat membantu perekonomian masyarakat kita apalagi di masa pandemi seperti ini, ” ucapnya. (Tim Website)

Exit mobile version