Calon Pengawas Sekolah di Sinjai Ikuti In Service Training

0
344

SINJAI – Sebanyak 36 calon pengawas sekolah lingkup Dinas Pendidikan Kabupaten Sinjai mengikuti Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) In Service Training (IST) 1.

Kegiatan ini dipusatkan di Aula SMPN 7 Sinjai yang berlangsung dari tanggal 2 hingga 7 Juni 2021 dan dibuka secara resmi oleh Kepala Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan (LPMP) Provinsi Sulsel Dr. H. Abd. Halim Muharram, Rabu (2/06/21).

Kepala Dinas Pendidikan Sinjai Andi Jefrianto Asapa mengatakan In Service Training ini segala kegiatan yang diberikan dan diterima oleh calon pengawas sekolah yang bertujuan untuk menambah dan meningkatkan mutu pengetahuan, kecakapan, dan pengalaman calon pengawas dalam menjalankan tugas.

“Melalui diklat ini para calon pengawas nantinya akan menjadi konselor membangkitkan kembali mutu pendidikan serta memberikan perubahan signifikan di dunia pendidikan,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala LPMP Provinsi Sulsel Dr. H. Abd. Halim Muharram menyampaikan apresiasi dan penghargaan yang kepada Pemkab Sinjai yang mampu melaksanakan Diklat ini dalam rangka melahirkan pengawas sekolah yang berkompeten.

“Ini langkah awal yang dilakukan Pemda dan kami perwakilan Kementerian apresiasi kegaiatan ini. Dengan hadirnya pengawas yang sudah mendapatkan ilmu, komitmen serta kesungguhan sehingga apa yang direncanakan pemda dalam menguatkan pelayanan pendidikan bisa terkawal secara simultan dan menyeluruh,” jelasnya.

Lebih lanjut diterangkan, kesesuaian jumlah pengawas sekolah dan sekolah yang berimbang bisa menjadi dasar penentu kebijakan dapat terkawal dengan baik.

“Bagaimana eksistensi pengawas bisa menjadi penyejuk, perekat dan sosok yang dirindukan sekolah serta bisa menjadi penyambung lidah apa yang diharapkan masyarakat dengan pemerintah sehingga lahir sebuah kebijakan yang berkualitas dan mudah diaplikasikan,” tutupnya.

Selama diklat, calon pengawas mendapat materi dan pelatihan dari LPMP Sulsel tentang tugas pokok dan fungsi (tupoksi) pengawas. Dengan begitu, calon pengawas jika sudah jadi pengawas mampu mengetahui tugasnya. (Tim Website)