Bupati ASA Dukung Upaya Baznas Sinjai dalam Pengumpulan Zakat

0
32

SINJAI – Bupati Sinjai, Andi Seto Asapa (ASA) memberi dukungan kepada Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Sinjai dalam upaya mengektifkan dan memaksimalkan pengumpulan zakat fitrah, zakat harta, infak dan sedekah di bulan suci ramadan 1442 hijriah ini.

Ini dibuktikan dengan adanya Surat Himbauan Bupati Sinjai nomor 005/01.02.739/set yang isinya mengharapkan kepada seluruh ASN mapun non ASN agar secara pribadi melalukan penyetoran zakat, infak dan sedekah melalui Baznas Sinjai, sedangkan anggota keluarga lainnya bisa menyalurkan zakatnya melalui UPZ di lingkungan masing-masing.

Selain itu dalam himbauan tersebut, Panitia pengumpul zakat, infak dan sedekah (ZIS) hanya dilakukan oleh unit pengumpul zakat (UPZ) dan Lembaga Amil Zakat (LAZ) yang ditetapkan oleh Baznas Kabupaten Sinjai.

Bupati ASA mengajak umat Islam di Sinjai untuk menunaikan zakat melalui Baznas dalam upaya mengorganisasi pengumpulan dan penyaluran zakat secara tepat sasaran.

“Peran Baznas selama ini telah membantu Pemerintah Daerah dalam mengatasi berbagai masalah sosial termasuk menanggulangi kemiskinan melalui program-program yang dilahirkan,” kata ASA.

Ketua Baznas Sinjai Ahmad Muzakkir saat ditemui, Rabu (5/5/21) mengatakan, saat ini pihaknya telah melakukan bimbingan teknis kepada seluruh UPZ yang ada di desa/kelurahan dalam rangka memberikan pemahaman tata cara penerimaan ZIS maupun dalam penyalurannya.

Ia juga mengapresiasi Pemkab Sinjai dengan adanya himbauan penyetoran zakat melalui Baznas bagi lingkup jajaran Pemkab Sinjai, hal ini merupakan bentuk dukungan terhadap upaya optimalisasi dan penguatan kelembagaan Baznas.

“Terima kasih dan apresiasi setinggi-tingginya atas dukungan dan upaya penguatan kelembagaan Baznas. InsyaAllah kami akan menyalurkan zakat ini kepada yang berhak sehingga akan membantu pemerintah dalam mensenjahterakan umat,” katanya. (Tim Website)