spot_img
Tuesday, March 19, 2024
More
    spot_img
    HomeBeritaBupati ASA Tanam Perdana Jagung Hibrida di Lingkungan Tanassang

    Bupati ASA Tanam Perdana Jagung Hibrida di Lingkungan Tanassang

    Dengar SBFM Live di sini

    -

    Html code here! Replace this with any non empty raw html code and that's it.

    SINJAI – Bupati Sinjai, Andi Seto Asapa (ASA) melakukan tanam perdana jagung hibrida di atas tanah seluas 5 hektar milik Pemkab Sinjai di Lingkungan Tanassang, Kelurahan Alehanuae, Kecamatan Sinjai Utara, Sabtu (10/4/21).

    Kegiatan dilaksanakan oleh Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan (TPHP) Sinjai, bekerja sama dengan Balai Penelitian Tanaman Serealia Balitbang Pertanian Maros.

    Pelaksana Tugas Kadis TPHP Sinjai, Drs. A. Ilham Abubakar, dalam laporannya menyampaikan, bahwa tujuan kegiatan ini adalah untuk mengetahui jenis varietas jagung hibrida yang memberikaan produksi tinggi pada lahan sawah dataran.

    “Melalui penanaman jagung hibrida ini diharapkan kedepan Sinjai melalui Dinas TPHP, dapat melakukan penangkaran dan pengembangan jagung hibrida dengan berbagai macam varietas bekerjasama dengan Balai Penelitian Tanaman Serealia Maros,” tuturnya.

    Dalam arahannya, Bupati ASA menyambut baik dengan adanya kerja sama antara Dinas TPHP Sinjai dengan Balai Penelitian Tanaman Serealia Maros, dengan harapan bisa meningkatkan produktivitas khususnya jagung di Kabupaten Sinjai di masa-masa yang akan datang.

    “Kita punya daerah ini lahan persawahan kebanyakan masih mengandalkan air tadah hujan, sehingga kita harap jika lahan sawah yang ada idak bisa ditanami padi karena cuaca, bisa dialihkan untuk menanam jagung,” jelasnya.

    Lebih lanjut dikatakan ASA, kendala yang masih kerap dihadapi oleh para petani jagung di Sinjai adalah hama, olehnya itu ia berharap melalui kerja sama dengan Balai Serealia Maros ini berbagai permasalahan tersebut bisa teratasi.

    “Kta punya harapan agar masyarakat kita dibantu khususnya petani dalam mengatasi masalah-masalah hama, sehingga kita punya harapan semakin banyak masyarakat bisa menanam jagung di Sinjai, apalagi hasil penelitian jagung dari Balai Serealia ini banyak varietasnya dan memiliki kualitas tinggi,” harapnya.

    Sementara itu, Perwakilan dari Balai Penelitian Tanaman Serealia Badan Peneliitan dan Pengembangan Pertanian Kementerian Pertanian RI, Ir. Syahrir Pakki, siap menjalin kerja sama dengan Pemkab Sinjai dalam upaya meningkatkan produktivitas jagung di Sinjai.

    “Kami akan menjadi tenaga pendamping dalam pengembangan jagung baik dalam bentuk pemilihan varietas benih yang cocok maupun terkait dengan teknologi pengembangan jagung,” tandasnya.

    Dalam kesempatan tersebut, Bupati ASA juga melakukan uji coba sistem penanaman jagung dengan menggunakan sistem modern yaitu dengan mesin tanam jagung. (Tim Website)

    Related articles

    -
    Ubah Bahasa :
    -

    Latest posts