Bupati ASA Raih Penghargaan Kepala Daerah Peduli Penyiaran

0
156

SINJAI – Berkat perhatian, dukungan dan kepedulian yang tinggi terhadap eksistensi Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) dan dunia penyiaran di Kabupaten Sinjai, mengantarkan Bupati Sinjai Andi Seto Asapa (ASA) menerima penghargaan bergengsi.

Orang nomor satu di Pemerintahan Sinjai itu dianugerahi sebagai Kepala Daerah Peduli Penyiaran Tahun 2020, pada acara Anugerah KPID Awards 2020 di Atrium Phinisi Point Mall, Jalan Metro Tanjung Bunga, Kota Makasaar, Sabtu malam (19/12/20). Penghargaan tersebut diterima Sekda Sinjai Drs. Akbar mewakili Bupati ASA.

Terpilihnya Bupati ASA sebagai Kepala Daerah Peduli Penyiaran Publik tidak terlepas dari kiprah dua lembaga penyiaran yaitu Radio Suara Bersatu dan Sinjai TV yang dikelola Pemerintah Kabupaten Sinjai yang dinilai patut menjadi contoh bagi lembaga penyiaran lain di Sulsel.

Akbar mengatakan, penghargaan yang diraih merupakan salah satu bentuk kepedulian Bupati Sinjai terhadap penyiaran yang ada di Kabuparen Sinjai dalam hal menyampaikan pemberitaan secara terbuka.

“Ini semua merupakan media untuk menyampaikan informasi yang pasti dan jelas kepada masyarakat, demikian juga informasi dari semua OPD itu secara live dapat diakses,” ungkapnya.

Yang penting adalah penghargaan ini memacu kreativitas bagi insan penyiaran, agar membuat program (penyiaran) yang lebih baik lagi ke depan, sehingga bisa menginspirasi masyarakat khususnya. Bisa mendorong masyarakat bisa lebih cerdas.

“Tentu bapak Bupati Sinjai senantiasa memberikan kepeduliaan khusus terhadap penyiaran dari dua media ini, sehingga beliau mendapat penghargaan dari KPID dalam hal keterbukaan informasi baik dalam bentuk pemerintahan, pembangunan dan pembinaan kemasyarakatan,” kata Akbar.

Sementara itu, Bupati ASA secara khusus menyampaikan atas nama pribadi dan Pemerintah Kabupaten Sinjai, mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada KPID Sulsel yang telah memberikan anugerah penghargaan tersebut kepada dirinya.

Namun begitu, Bupati ASA lantas tak jumawa atas raihan tersebut. Menurutnya, hal itu akan menjadi pelecut dan motivasi bagi LPPL Sinjai dalam menyiarkan informasi yang sehat.

Untuk Kepala Daerah yang peduli penyiaran, ASA merupakan Bupati pertama yang meraih penghargaan tersebut, setelah sebelumnya disabet oleh dua Walikota di Sulsel yakni, Walikota Pare-pare dan Palopo.

Dalam Anugerah KPID ini sedikitnya, ada 14 kategori penghargaan terdiri dari 12 kategori penghargaan untuk Radio dan Televisi serta 2 penghargaan khusus yan diberikan kepada tokoh peduli penyiaran dan KPU peduli media lokal.

Radio Suara Bersatu sendiri berhasil masuk nominasi diataranya, kategori program Talk Show Radio Terbaik dan berita radio terbaik.

Selain itu Sinjai TV berhasil menyabet empat nominasi masing-masing kategori LPPL Televisi terbaik, Kategori Berita Televisi Terbaik, Talk Show Televisi Terbaik dan ILM Covid-19 Televisi Terbaik. (Tim Website)