Puluhan Pelaku Usaha Ikuti Pelatihan Pemasaran Produk Secara Online

0
239

SINJAI – Penggunaan internet yang makin marak, memacu pergeseran cepat pola pemasaran di seluruh aspek industri bisnis dunia. Pemasaran menggunakan kekuatan internet, yang lebih popular disebut “E-Commerce” menjadi cara baru para pemasar yang jeli melihat paradigma pemasaran yang baru ini.

Apalgi saat ini, merupakan pangsa pasar online yang patut diperhitungkan. baik oleh pengusaha perorangan, UKM, maupun Enterprise. Melalui E-Commerce, perusahaan lokal dan kecil, dengan sumber daya yang terbatas, dapat melakukan pemasaran global dan menjadi besar.

Bahkan, berbagai merek produk terkemuka dunia juga sudah memutuskan untuk memanfaatkan internet secara jauh lebih serius.

Sekaitan dengan hal itu, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Sinjai melakukan pelatihan pemasaran sistem online kepada puluhan pelaku Usaha Kecil Menengah (UKM).

Pelatihan bertajuk pemahaman pemanfaatan ‘financial technologi‘ serta pemasaran produk melalui internet atau secara ‘online’ berlangsung Ruang Rapat Dinas Perpustakaan dan Kearsipan, Rabu, (12/8/2020).

Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip, La Baba Paisal mengatakan, pelaku UKM yang hadir pada kesempatan tersebut mendapatkan ilmu pengetahuan baru mengenai cara menggebrak pasar lewat daring. Sehigga pelatihan ini diharapkan dapat meningkatkan wawasan dan kemampuan pelaku usaha.

“Tujuannya tak lain adalah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat khusunya bagi pelaku usaha, sehingga diberikan keterampilan, skill. Dengan begitu, nantinya mereka bisa merubah pola hidupnya lebih meningkat, dari tidak ada menjadi ada,” kata La Baba.

Dikatakan bahwa pelatihan ini tidak berhenti sampai disini saja, tetapi pelatihan ini akan dilakukan secara bertahap. Hal itu juga, atas dasar transformasi perpustakaan berbasis inklusi sosial, sehingga upaya pemerintah kabupaten ini dapat mendorong terlahirnya usaha-usaha baru dengan sistem pemasaran yang lebih baik.

Sementara itu, Kepala Dinas Komunikasi, Informatika dan Persandian Sinjai Irwan Suaib hadir sebagai pemateri, menyampaikan berbagai trik dalam mendongrak pemasaran produk melalui daring atau online. Apalagi menurutnya, pergeseran transformasi internet semakin hari semakin berkembang.

Untuk itulah, kata Irwan, pemasaran online khususnya di media sosial perlu dilakukan dan di manfaatkan dengan baik. Sebab, hal itu dapat mengefisienkan biaya, waktu dan tenaga. (Tim Website)

Previous articleDishub Sinjai Lahirkan inovasi ‘Misterfektan’
Next articleTingkatkan Pelayanan Kesehatan Melalui keberadaan Pustu