Capaian Program Pemkab Sinjai di Bidang Pendidikan Sepanjang Tahun 2019

0
88

SINJAI – Dalam mendukung kemajuan pendidikan secara konkret Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sinjai memberikan dukungan penuh terhadap program-program dibidang pendidikan khususnya dalam memacu kualitas pendidikan.

Hal itu tak terlepas dengan Misi Bupati Sinjai Andi Seto Asapa (ASA) dan Wakil Bupati Sinjai Hj. Andi Kartini Ottong yakni, terwujudnya masyarakat sinjai yang mandiri, berkeadilan dan religius, melalui peningkatan kualitas sumber daya manusia yang unggul dan berdaya saing.

Dikatakan Bupati ASA, sejak masa pemerintahannya di Bumi Panrita Kitta dalam urusan pendidikan Pemerintah Daerah telah melahirkan sejumlah kebijakan dalam peningkatan penyelenggaraan pendidikan yang berkualitas.

Secara bertahap, kebijakan itu juga telah dirasakan manfaatnya oleh generasi penerus di Kabupaten Sinjai. Misalnya kata Bupati pemberian beasiswa dan bantuan pendidikan bagi mahasiswa berprestasi kepada 156 orang mahasiswa.

“Tidak hanya itu Pemerintah juga memberikan bantuan perlengkapan alat sekolah dan seragam sekolah kepada siswa baru SD dan SMP. Total keseluruhan siswa yang mendapat bantuan pada tahun 2019 lalu sebanyak 6.747 orang,” kata Bupati ASA saat menyampaikan Laporan Keterangan Pertanggung Jawaban Kepala Daerah Tahun 2019 di Gedung DPRD Sinjai, Kamis (19/3/2020).

Buka hanya itu, demi meningkatkan kualitas sumber daya manusia khususnya bagi tenaga pendidik, Alumnus Monash University Melbouene Australia ini juga memberikan insentif sebesar Rp. 100.000/bulan kepada guru sukarela yang berjumlah 1.989 orang.

Sementara terkait dengan capaian program di bidang pendidikan selama tahun 2019 Bupati ASA menyebut untuk angka partisipasi murni (APM) dan angka partisipasi kasar (APK) pada semua satuan tingkat SD/MI dan SMP sederajat mencapai 100 persen.

“Dari target 100 persen untuk angka partisipasi murni khusus tingkat SD/MI dapat teralisasi 100,96 persen. Demikian juga SMP/MTsdari target 100 persen dapat terealisasi 100,97 persen,” bebernya.

(Jum/Irawan Kominfo Sinjai)