spot_img
Saturday, April 27, 2024
More
    spot_img
    HomeBeritaPastikan Kesehatan Balita, Posyandu Dusun Bisokeng Rutin Berikan Pelayanan

    Pastikan Kesehatan Balita, Posyandu Dusun Bisokeng Rutin Berikan Pelayanan

    Dengar SBFM Live di sini

    -

    Html code here! Replace this with any non empty raw html code and that's it.

    Untuk memantau dan memastikan perkembangan balita, Posyandu Dusun Bisokeng, Desa Sanjai Kecamatan Sinjai Timur, Kabupaten Sinjai rutin memberikan pelayanan.

    Pelayanan yang diberikan yakni, mengukur berat badan, imunisasi, SDIDTK, pemeriksaan kepada ibu hamil, hingga pemberian makanan tambahan (PMT) dan penyuluhan.

    Posyandu yang diikuti puluhan bayi balita dan ibu-ibu itu, berlangsung di rumah Kepala Dusun Bisokeng, Selasa (7/1/2020).

    Ketua Kader Posyandu Bisokeng, Rosmani mengatakan, Pemberian Makanan Tambahan (PMT) penyuluhan itu dilakukan setiap bulan di posyandu Bisokeng.

    “Tiap bulan kami ganti menunya, agar anak-anak tak bosan. Tapi kami tetap mempertahankan unsur lokal dan kandungan gizinya,” ujarnya.

    Dikatakan, dalam pemberian makanan tambahan pihaknya mendapat bantuan dana dari Anggaran Dana Desa (ADD) Desa Sanjai.

    “Alhamdulillah tahun ini kami mendapat bantuan dana dari ADD Desa Sanjai untuk pemberian makanan tambahan ini,” katanya bersyukur.

    Rosmani menjelaskan, PMT adalah kegiatan pemberian makanan kepada balita dalam bentuk kudapan yang aman dan bermutu beserta kegiatan pendukung lainnya dengan memperhatikan aspek mutu dan keamanan pangan.
    Serta mengandung nilai gizi yang sesuai dengan kebutuhan sasaran.

    “PMT ada dua macam yaitu, PMT pemulihan dan penyuluhan. Memiliki tujuan yang sama yaitu untuk memenuhi kebutuhan zat gizi yang dibutuhkan oleh balita,” kata Rosmani.

    Untuk PMT Penyuluhan adalah makanan tambahan yang diberikan kepada balita yang disediakan oleh kader posyandu. Tujuan PMT Penyuluhan adalah sebagai sasaran penyuluhan kepada orang tua balita tentang makanan kudapan (snack) yang baik diberikan untuk balita.

    “Ini sebagai sarana untuk membantu mencukupi kebutuhan gizi balita, dan sebagai sarana untuk menggerakkan peran serta masayarakat dalam mendukung kesinambungan penyelenggaraan posyandu,” tandas Rosmani.

    (Jum Kominfo Sinjai)

    Related articles

    -
    Ubah Bahasa :
    -

    Latest posts