Bahas Pengembangan Wisata Pulau Larea-rea, Disparbud Gelar Rembuk Bersama

0
76

Dalam rangka mempromosikan dan peningkatan pengelolaan obyek wisata Pulau Larea-rea Desa Persatuan Kecamatan Pulau IX, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Sinjai menggelar pertemuan atau rembuk bersama beberapa stakeholder, di Pulau Larea-rea, Selasa (3/12/19).

Pertemuan ini dipimpin oleh Kadisparbud Sinjai Haerani Dahlan dan dihadiri oleh Kepala Bapenda Sinjai Asdar Amal Darmawan, Camat Pulau IX Adityawarman Atma Poetra, Sekretaris Diskominfo dan Persandian Sinjai Dr.Mansyur, Ketua KONI Sinjai Suhardiman, Kepala desa Pulau Persatuan H. Ibrahim, Triangle Diving Club, tokoh masyarakat dan kelompok sadar wisata Pesona Persatuan.

Kadisparbud Sinjai Haerani Dahlan mengatakan bahwa pertemuan ini untuk membahas rencana pengembangan obyek wisata Pulau Larea-rea untuk menambah daya tarik para wisatawan.

“Sengaja kami mengundang beberapa pihak yang memiliki keterkaitan untuk datang kesini membicarakan apa saja yang perlu dilakukan agar tempat ini menjadi salah satu obyek wisata yang dapat menarik para wisatawan, ” katanya.

Dari pertemuan ini muncul beberapa ide dan gagasan yang disampakan oleh masing-masing peserta yang akan menjadi pertimbangan bagi disparbud Sinjai dalam mendongkrak wisatawan.

Beberapa ide yang disepakati untuk mulai dilaksanakan pada tahun 2020 diantaranya perlu adanya paket wisata perjalanan mulai dari alat transportasi, kuliner dan pemanfaatan sarana yang ada, rumah penginapan bagi wisawatan yang ingin menginap (home stay), sosialisasi safety briefing, papan bicara, rambu-rambu untuk spot bagi penyelam serta penyediaan air bersih.

Sementara itu Camat Pulau IX A. Adityawarman Atma Poetra menyampaikan bahwa masyarakat setempat memiliki harapan besar dalam pengembangan wisata Pulau Larea-rea sehingga potensi yang dimiliki masyarakat dapat diberdayakan, bukan hanya di Pulau Larea-rea tetapi juga di spot wisata yang ada di Kecamatan Pulau IX.

“Kami berterima kasih kepada Pemkab Sinjai melalui kegaiatan ini, pengembangan wisata ini berjalan baik dan memberikan sumbangsih besar pada perekonomian masyarakat setempat,” pungkasnya. (AaN Kominfo Sinjai)