spot_img
Saturday, May 18, 2024
More
    spot_img

    Sekda Sinjai Hadiri Pesta Adat Mappogau Sihanua di Desa Tompobulu

    More articles

    SINJAI – Pj Bupati Sinjai, TR Fahsul Falah, yang diwakili Sekretaris Daerah (Sekda) Sinjai menghadiri upacara Pesta Adat Mapogau Sihanua, di Kawasan Karampuang, Desa Tompo Bulu, Kecamatan Bulupoddo, Kamis (09/11/2023).

    Event atau tradisi yang dilaksanakan setiap tahun ini, sebagai ungkapan rasa syukur atas keberhasilan panen pertanian maupun perkebunan warga.

    Dalam sambutannya, A. Jefrianto Asapa mengatakan bahwa puncak pesta adat Mappogau Sihanua ini merupakan salah satu event budaya nasional.

    Menurutnya kegiatan ini tidak hanya meriah yang menampikan kreatifitas masyarakat, tetapi juga sarat dengan makna dan nilai filosofi yang positif dalam rangka penguatan budaya lokal serta jati diri masyarakat, yang merupakan salah satu objek kemajuan kebudayaan yang ada di Kabupaten Sinjai.

    “Atas nama pemerintah daerah saya menyampaikan apresiasi kepada panitia penyelenggara yang telah melaksanakan kegiatan ini. Oleh karena itu, sebagai warga Sinjai tentu kita patut bersyukur karena daerah kita menyimpan begitu banyak potensi budaya, apa bila dikemas dengan baik maka akan menjadi aset yang tak ternilai hargnya,” harapnya.

    Lebih lanjut dikatakan, pengembangan adat budaya daerah tidak hanya sebagai upaya mengembankan wisata budaya di daerah ini saja, namun lebih dari itu khazanah adat budaya hendaknya dapat dijadikan sebagai identitas jadi diri keragaman adat budaya di Kabupaten Sinjai.

    “Keragaman budaya yang sejak dahulu kala masih dipertahankan hingga sekarang ini, menurut saya memiliki nilai sosial, budaya
    dan ekonomi yang sagat luar biasa, hal ini dapat menjadi potensi bertambahnya agenda wisata untuk menarik para wisatawan lokal maupun asing yang tentunya dapat berimbas dengan perputaran ekonomi masyarakat,” tandasnya.

    Dalam sambutannya, Sekda Sinjai berharap agar Penyelenggaraan puncak pesta adat Mappogau Sihanua harus mendapat dukungan penuh dari seluruh masyarakat yanga ada di kawasan karampuang.

    “Ini harus kita jaga dan kita lebih proaktif dalam upaya melestarikan pesta adat Mappogau Sihanua ini seraya melakukan promosi yang massif sehigga event budaya ini dapat lebih dikenal lebih luas bukan hanya masyarakat Sinjai namun juga masyarakat luar sinjai khususnya wisatawan,” harapnya.

    Pesta Adat Mappogau Sihanua ini juga di hadiri Forkopimda, Ketua dan Wakil Ketua DPRD Sinjai, OPD, Camat Bulupoddo dan Kepala Desa Tompo Bulu. (Tim Website)

    - Advertisement -spot_img

    Latest