spot_img
Sunday, May 19, 2024
More
    spot_img

    Dihadiri Presiden Joko Widodo, Pj. Bupati Sinjai Ikuti Rakor di Istana Negara

    More articles

    SINJAI, – Penjabat Bupati Sinjai T.R Fahsul Falah menghadiri Rapat Koordinasi dengan seluruh Penjabat Kepala Daerah yang diselenggarakan oleh Kementerian Dalam Negeri dan dipimpin langsung oleh Presiden Joko Widodo di Istana Negara Jakarta, Senin (30/10/2023).

    Dihadapan 197 penjabat Kepala Daerah Se-Indonesia Presiden Joko Widodo mendorong Pemerintah Daerah untuk mengendalikan inflasi dengan menjaga stabilitas harga barang kebutuhan pokok di pasar.

    “Pantau harga riil di pasar, turun ke lapangan. Jika ada masalah, lakukan intervensi seperti tadi saya sampaikan, subsidi angkutan bisa dilakukan,” kata Presiden dikutip dari www.presidenri.go.id.

    Selain itu, Kepala Negara juga mendorong Daerah mengalokasikan anggaran untuk stimulus ekonomi dan bantuan sosial kepada masyarakat. Menurut Presiden, pemberian bantuan tersebut akan sangat membantu masyarakat.

    “Pemerintah Kabupaten/Kota memberikan 5 kg, rampung kalau bareng-bareng seperti itu, rakyat itu adem. Dan, saya titip, yang dibeli produk dalam negeri, utamanya (produk) UMKM kita,” lanjutnya.

    Selanjutnya, Presiden juga mengingatkan para penjabat Kepala Daerah untuk tetap waspada terhadap dampak dari fenomena super el nino. Meski di beberapa Daerah hujan telah turun, tetapi potensi kebakaran juga harus tetap diantisipasi.

    Kemudian dalam hal reformasi birokrasi, Kepala Negara menekankan pentingnya menyederhanakan prosedur dan tata kelola khususnya dalam hal pelayanan perizinan bagi investor.

    Presiden yang didampingi Mendagri Tito Karnavian juga menyampaikan peran Kepala Daerah memasuki tahun politik 2024, penyelesaian permasalahan percikan berkaitan politik dan program prioritas pemerintah seperti penurunan kemiskinan ekstrem, pemberantasan stunting, dan hilirisasi industri.

    Terkait hal ini, Pj Bupati Sinjai T.R Fahsul Falah menyampaikan bahwa tujuan dari kegiatan tersebut adalah untuk pemantapan penyelenggaraan pemerintahan dan pelayanan publik serta mengoptimalisasikan implementasi program strategis nasional.

    “Bapak Presiden menitikberatkan pertumbuhan ekonomi dan pengendalian inflasi agar bisa dilakukan di setiap Daerah, investasi dan digitalisasi juga ditingkatkan, netralitas ASN dalam Pemilu hingga penyelesaian stunting” ungkapnya.

    Orang nomor satu di Sinjai ini juga menyampaikan komitmennya untuk melaksanakan setiap arahan Presiden. Terlebih lagi, sejumlah arahan tersebut juga menjadi fokus Pemkab Sinjai saat ini. (Tim Website)

    - Advertisement -spot_img

    Latest