spot_img
Sunday, April 28, 2024
More
    spot_img
    HomeBeritaSudah Lampaui Target, Bupati ASA Tetap Alokasikan Bantuan Alsintan Untuk Petani

    Sudah Lampaui Target, Bupati ASA Tetap Alokasikan Bantuan Alsintan Untuk Petani

    Dengar SBFM Live di sini

    -

    Html code here! Replace this with any non empty raw html code and that's it.

    SINJAI, – Bupati Sinjai Andi Seto Asapa (ASA) memiliki komitmen dan perhatian tinggi kepada para petani. Hal ini karena sektor pertanian memiliki peran yang sangat penting dan strategis dalam pembangunan daerah ini.

    Bahkan peran tersebut bukan saja memberikan andil terhadap ketahanan pangan akan tetapi sangat berkontribusi besar terhadap perkembangan perekonomian secara menyeluruh baik menyangkut pendapatan petani, pendapatan daerah maupun penyerapan tenaga kerja.

    Salah satu program unggulan Pemkab Sinjai yang tertuang dalam visi dan misi Kabupaten Sinjai periode 2018-2023 di bidang pertanian adalah penyediaan alat mesin pertanian (Alsintan).

    Berdasarkan target RPJMD hingga 2023 ditargetkan 250 alsintan yang akan diberikan kepada petani dengan asumsi 50 alsintan per tahun. Sampai akhir tahun 2022 lalu jumlah Alsintan yang disalurkan sebanyak 259 unit atau realisasi capaian 103,60 persen.

    Meski sudah melampaui target, ditahun kelima masa pemerintahan Putra dari Almarhum Mantan Bupati Sinjai periode 2003-2013 Andi Rudiyanto Asapa ini kembali memfasilitasi para petani untuk mendapatkan bantuan alsintan.

    Kepala Dinas Tanamanan Pangan, Hortikultura dan Perkebunan (TPHP) kabupaten Sinjai H. Kamaruddin saat ditemui Jumat (4/8/2023) menuturkan, di sisa masa jabatan Bupati ASA tahun ini, Pemkab Sinjai kembali akan memberikan bantuan alsintan untuk para petani.

    Dikatakan, dalam waktu dekat Pemkab Sinjai rencananya kembali memberikan bantuan alsintan kepada petani sebanyak 84 unit yang bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK).

    “Alsintan ini membantu petani untuk meningkatkan indeks mekanisasi pertanian dalam mempercepat pengolahan lahan, penanaman dan saat panen,” jelasnya.

    Adapun berbagai alsintan yang akan diberikan terdiri dari kultivator 48 unit, pompa air 26 unit, power thresher (mesin perontok) 6 unit, mesin pemipil jagung 2 unit dan Rice Milling Unit (RMU) juga 2 unit.

    Selain itu,melalui Dana Bagi Hasil Cukai Tembakau (DBHCT) petani tembakau di Kabupaten Sinjai juga akan mendapatkan 3 unit mesin perajang.

    “Insya Allah jika tidak ada aral melintang, bantuan ini kita akan salurkan minggu depan dan akan diserahkan langsung oleh Bapak Bupati Sinjai,” tutupnya.

    Sementara itu, Bupati ASA mengungkapkan bahwa penyediaan alsintan ini memiliki peran strategis untuk meningkatkan efisiensi kerja, intensitas pertanaman dan penurunan biaya produksi serta meningkatkan nilai tambah petani.

    “Program yang kami berikan tujuan utamanya bukan sekedar mencapai target tapi lebih dari itu, bagaimana agar program ini memberikan dampak bagi peningkatan produksi serta ada peningkatan kesejahteraan petani,” pungkasnya. (Tim Website)

    Related articles

    -
    Ubah Bahasa :
    -

    Latest posts