spot_img
Friday, April 26, 2024
More
    spot_img
    HomeBeritaMeriah Lomba 'Laha Bete' Semarak Februari HJS ke-459

    Meriah Lomba ‘Laha Bete’ Semarak Februari HJS ke-459

    Dengar SBFM Live di sini

    -

    Html code here! Replace this with any non empty raw html code and that's it.

    SINJAI, – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sinjai semakin mempopulerkan salah satu kuliner khas yang dimiliki Kabupaten Sinjai yakni “Laha Bete”.

    Kuliner tradisional satu ini kembali di perlombakan pada ajang semarak Februari rangkaian peringatan Hari Jadi Sinjai (HJS) ke-459.

    Lomba membuat “Laha Bete” ini digelar Dinas Perdagangan, Perindustrian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) di Pendopo Rumah Jabatan Bupati Sinjai, Sabtu, (18/2/2023).

    Kepala Dinas Perindag dan ESDM, Muh. Saleh mengatakan bahwa, lomba tersebut diikuti sebanyak 21 peserta antar organisasi perangkat daerah (OPD) dan Kecamatan.

    “Lomba ini kami laksanakan selain untuk menyemarakkan Semarak Februari dalam rangka memperingati Hari Jadi Sinjai Tahun 2023, juga untuk memperkenalkan dan semakin cinta terhadap makanan tradisional yang kita miliki,” ujarnya.

    Berdasarkan pantauan puluhan peserta nampak antusias dan tampil percaya diri saat membuat laha bete hingga siap saji selama 20 menit dihadapan para tim juri diantaranya, Risda salah satu pemilik IKM Bakso Tenggiri yang juga praktisi.

    Ada juga Ketua Dharma Wanita Persatuan (DWP) Sinjai Hj. Kamriah serta juri kehormatan yakni, Ketua Tim Penggerak PKK Sinjai, Hj. Andi Nurhilda Daramata Seto.

    “Pesertanya sangat antusias terima kasih banyak teman-teman OPD dan Kecamatan yang telah berpartisipasi,” ucap Saleh.

    Lomba ini turut dihadiri Ketua Persit Kartika Candra Kirana, Ketua Dharmayukti Karini, Ketua Ikawan Sinjai, Ketua Bhayangkari, Ketua Adiyaksa Darma Karini, Ketua Pengadilan Agama.

    Sekedar diketahui, kecintaan serta minat masyarakat Sinjai terhadap kulinernya ini sudah turun temurun sehingga juga tertuang menjadi sebuah lagu yang berjudul ‘Laha Bete’, dengan syair berbahasa bugis. Syair tersebut secara konsep sebagai elong ugi yang terdiri dari beberapa bait dan makna yang khusus menunjukkan potensi kuliner Sinjai.

    Bahkan, kuliner tradisional tersebut pada tahun 2022 lalu mendapat sertifikat sebagai Warisan Budaya Tak Benda (WBTB) Nasional oleh Kementerian Pendidikan Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) Republik Indonesia.

    Lomba ini turut dihadiri Ketua Persit Kartika Candra Kirana, Ketua Dharmayukti Karini, Ketua Ikawan Sinjai, Ketua Bhayangkari, Ketua Adiyaksa Darma Karini, Ketua Pengadilan Agama.(Tim Website)

    Related articles

    -
    Ubah Bahasa :
    -

    Latest posts