Berkeliaran di Area Kota, 7 Ekor Kambing Kembali Diamankan Satpol PP

0
206

SINJAI, – Patroli atau razia hewan ternak terus digencarkan oleh Satpol PP di area Kota Sinjai.

Pada Selasa (04/10/2022) pagi, Satpol PP kembali mengamankan 7 ekor kambing saat melakukan patroli di BTN Bumi Lappa Mas 5 Kelurahan Lappa, Kecamatan Sinjai Utara.

“Benar, kami kembali menangkap 7 ekor kambing. Kami langsung amankan di pos PRC, di Kompleks eks halaman Kantor Bupati Sinjai,” kata Kasi Ketentraman dan Ketertiban Umum Dinas Satpol PP dan Damkar Sinjai, Puja Wahyana.

Agar hewan tersebut dapat kembali diambil oleh pemiliknya, harus membawa dengan surat keterangan dari pemerintah setempat dan memiliki kartu ternak, termasuk peternak harus membuatkan kandang ternak.

“Kalau salah satu syaratnya tidak lengkap, maka kami tidak mengembalikan kambing ini ke pemiliknya. Kami inginkan semuanya lengkap agar nantinya mereka tidak lagi melepas liarkan ternaknya,” tegasnya.

Ia terus mengimbau kepada seluruh masyarakat, khususnya para peternak untuk lebih memperhatikan hewan ternaknya dan tidak melepaskan begitu saja, sebab mengganggu kenyamanan warga yang beraktivitas di tempat umum.

Hal tersebut juga dilakukannya untuk menindaklanjuti perintah langsung Bupati Sinjai, Andi Seto Asapa (ASA) yang meminta kepada petugas Satpol PP menggencarkan razia hewan ternak liar di Kabupaten Sinjai.

Seperti diketahui, sesuai Peraturan Daerah (Perda) Nomor 4 Tahun Tahun 2015 tentang Penyelenggaraan Ketentraman dan Ketertiban Umum serta Perlindungan Masyarakat, pelanggar diancam pidana kurungan paling singkat 1 bulan dan paling lama 6 bulan atau pidana denda paling sedikit Rp1 juta dan paling banyak Rp50 juta.

Secara terpisah, Kepala Dinas Satpol PP dan Damkar Sinjai, Agung Budi Prayogo menuturkan selain memberikan rasa nyaman bagi warga yang beraktivitas di ruang terbuka, pihaknya juga terus menggencarkan razia hewan ternak liar untuk menyambut Porprov Sulsel XVII.

“Dalam rangka menghadapi Porprov, kita giatkan patroli ternak agar para atlet yang datang di Sinjai nanti bisa nyaman dan tidak terganggu aktivitasnya karena hewan ternak yang berkeliaran,” pungkasnya. (Tim Website)

Previous articleKirab Obor Porprov 2022 Selesai di 8 Kecamatan, Dimulai dari Sinjai Barat
Next articleBupati ASA Dorong Produksi Kedelai di Bulupoddo