Home Berita Jelang Pemulangan, Kemenag Sinjai: Koper dan Air Zamzam Jemaah Haji Diambil di...

Jelang Pemulangan, Kemenag Sinjai: Koper dan Air Zamzam Jemaah Haji Diambil di Kantor

0

SINJAI, – Kementerian Agama (Kemenag) Sinjai telah menerima paket air zamzam yang diperuntukkan bagi jemaah haji Kabupaten Sinjai. Jumlahnya sebanyak 107 paket sesuai jumlah jemaah yang berangkat tahun ini.

Seperti diketahui, Jemaah haji Indonesia dilarang membawa air zamzam dalam bagasi karena dianggap membahayakan keselamatan penerbangan. Oleh-oleh jemaah haji ini disiapkan oleh masing-masing Embarkasi.

Kepala Kantor Kemenag Sinjai, H. Jamaris mengungkapkan, air zamzam jemaah haji saat ini berada di Kantor Kemenag Sinjai dan didistribusikan oleh Kantor Wilayah Kemenag Sulsel belum lama ini.

“Air zamzam jemaah sudah ada di kantor (di Sinjai Red), jumlahnya 107 paket sesuai jumlah jemaah,” kata Jamaris, Selasa (9/8).

Mantan Kasi Pendidikan Madrasah (Penmad) Kemenag Gowa ini menyebut, setiap jemaah akan kebagian 1 paket, dimana setiap paket berisikan 5 liter air zamzam.

Paket air zamzam jemaah akan dibagikan setelah jemaah tiba di Bumi Panrita Kitta’, sesuai dengan prosedur pembagian yang telah disepakati dalam rapat itu, yakni dibagikan di Kantor Kemenag Sinjai.

Termasuk koper bawaan Jemaah haji yang pengambilannya dipusatkan di Kantor Kemenag Sinjai dengan syarat memperlihatkan Paspor jemaah. Itu dilakukan untuk mengantisipasi hal yang tidak diinginkan bersama.

“Untuk pengambilan air zamzam akan bersamaan dengan koper jemaah begitu tiba di Sinjai. Syaratnya memperlihatkan paspor jemaah, kita tidak ingin ada kekeliruan karena kalau ada yang salah dan hilang pihak kami yang harus mengganti,” jelasnya.

Berdasarkan jadwal pemulangan 107 jemaah haji Sinjai yang tergabung dalam kelompok terbang (kloter) 18 Embarkasi Makassar, mereka bakal tiba di tanah air pada Jumat 12 Agustus 2022 pekan ini.

Jemaah dijadwalkan tiba di Bandar udara Internasional Sultan Hasanuddin Makassar pada pukul 19:45 Wita, kemudian dilepas pihak pihak Embarkasi Makassar di Asrama Haji Sudiang untuk diberangkatkan ke Kabupaten Sinjai pada pukul 00:00 Wita.

Rencananya iring-iringan jemaah haji Kabupaten Sinjai menempuh rute Bulukumba dan diperkirakan tiba di Masjid Agung Nujumul Ittihad Cakkempong Sinjai, pada 13 Agustus 2022 pukul 08:00 Wita. (Tim Website)

Exit mobile version