spot_img
Monday, May 20, 2024
More
    spot_img

    PTSP Sinjai Beri Kemudahan Masyarakat Urus Izin Usaha

    More articles

    SINJAI, – Pemulihan ekonomi pasca pandemi Covid-19 terus menjadi fokus Bupati Sinjai, Andi Seto Asapa (ASA). Agar masyarakat, khususnya pelaku UMKM yang terdampak dapat segera bangkit.

    Meski pertumbuhan ekonomi di Sinjai meningkat 5,23 persen selama pandemi Covid-19, namun Bupati ASA terus berupaya mendorong segala sektor agar upaya pemulihan ekonomi terus menggeliat.

    Salah satu upaya yang dilakukan, yakni mendorong Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) agar memberikan kemudahan dalam penerbitan izin usaha kepada masyarakat.

    Memang, instruksi Bupati ASA tersebut dikatakan Kepala DPMPTSP Sinjai, Lukman Dahlan, dimaksudkan agar pengurusan izin usaha dipermudah, termasuk mengurangi proses yang panjang selama tidak menyalahi prosedur yang telah ditetapkan.

    Sehingga masyarakat semakin mudah membuka usaha dan berinvestasi sebagai pertanda bangkitnya perekonomian.

    “Jika semua persyaratan telah memenuhi, maka kami permudah bahkan membantu pelaku usaha agar dapat memperoleh izin dengan cepat,” bebernya, Senin, (1/8/2022).

    Lukman menyebut, langkah ini merupakan komitmen Pemkab Sinjai untuk mempercepat pemulihan ekonomi. Sebab, jika usaha dan investasi menggeliat, maka akan membuka lapangan pekerjaan yang berdampak terhadap peningkatan pendapatan masyarakat.

    Upaya Pemkab ini pun disambut baik oleh masyarakat. Hal itu dibuktikan dengan meningkatnya jumlah pengurusan izin usaha. Salah satunya penerbitan Nomor Izin Berusaha (NIB).

    Terlebih lagi, DPMPTSP terus memperbaharui inovasi pelayanan. Terbaru, menghadirkan gerai Pelayanan Perizinan Terdepan (Panrita) di Desa. Sehingga warga Desa tidak perlu lagi ke Kota mengurus izin untuk berusaha.

    “Sekarang warga yang mengurus NIB meningkat, dalam sehari sampai 20 orang, didominasi pelaku usaha kecil menengah,” tambahnya.

    Oleh karena itu, ia meminta dukungan semua masyarakat untuk terbuka dan bersinergi agar perekonomian Sinjai bisa lebih meningkat. (Tim Website)

    - Advertisement -spot_img

    Latest