Pembangunan Sentra IKM Pengolahan Besi di Bulupoddo Disambut Baik Oleh Warga

0
118

SINJAI, – Sentra Industri logam atau Sentra IKM pengolahan besi yang bertempat di desa Lamatti Riattang kecamatan Bulupoddo telah rampung pembangunannya tahun lalu dan akan mulai difungsikan tahun ini.

Kehadiran sentra industri ini mendapat dukungan dan disambut baik oleh masyarakat setempat, mengingat di kecamatan Bulupoddo ini banyak warga yang berprofesi sebagai pengrajin besi (pandai besi).

Salah satu warga setempat, Jamaluddin menuturkan, pembangunan sentra industri pengolahan besi ini dinilai sangat strategis karena lokasinya yang tepat dan mudah dijangkau masyarakat yaitu berada di jalan poros Kecamatan Bulupoddo.

Selain itu, dengan adanya rumah produksi serta peralatan modern yang disiapkan juga oleh Pemerintah Daerah akan meningkatkan produksi para pelaku IKM nantinya.

“Saya kira sentra industri yang dibangun oleh Pak Bupati di Bulupoddo ini sudah sangat tepat apalagi tidak hanya menyediakan bangunannya saja tetapi juga lengkap dengan fasilitasnya yang lebih modern,” ujarnya, Sabtu (7/5/2022).

Dikatakan Jamaluddin, selama ini para pengrajin besi yang ada masih menggunakan peralatan manual sehingga produksi yang dihasilkan juga jumlahnya masih terbatas.

Dukungan ini juga datang dari warga lainnya, Iskandar. Menurutnya, keberadaan sentra pengolahan besi ini akan membantu bagi para pelaku IKM untuk meningkatkan produksinya melalui peralatan maupun tempat yang disiapkan oleh pemerintah.

Dengan meningkatnya produksi bagi pelaku IKM akan mampu memproduksi kebutuhan pasokan peralatan pertanian, alat rumah tangga dan sebagainya yang terbuat dari logam.

“Masyarakat kita dominan bekerja sebagai petani sehingga tentu ini akan memenuhi kebutuhan para petani kita seperti cangkul, celurit, sabit dan kapak. Demikian juga peralatan di dapur seperti pisau dan parang,” tuturnya.

Bukan hanya itu, ia meyakini keberadaan sentra industri pengolahan besi ini secara tidak langsung akan berdampak positif bagi masyarakat yang berdomisili di wilayah tersebut. (Tim Website)

Previous articleDorong Pertumbuhan Ekonomi, Bupati ASA Bantu Benih Ikan Air Tawar ke Kelompok Pembudidaya
Next articleHadiri Reuni Akbar Alumni SMEA/SMK 1, Sekda Sinjai Dorong Alumni Berinovasi