spot_img
Saturday, April 27, 2024
More
    spot_img
    HomeBeritaBupati ASA Dorong Puskesmas Manipi Jadi Rumah Sakit Pratama

    Bupati ASA Dorong Puskesmas Manipi Jadi Rumah Sakit Pratama

    Dengar SBFM Live di sini

    -

    Html code here! Replace this with any non empty raw html code and that's it.

    SINJAI, – Bupati Sinjai Andi Seto Asapa (ASA) kembali akan menghadirkan satu unit rumah sakit bertipe D atau Pratama di Kabupaten Sinjai setelah rumah sakit yang sama rampung di Kecamatan Sinjai Selatan.

    Rumah sakit Pratama ini ditempatkan di Kelurahan Tassililu, Kecamatan Sinjai Barat yakni di Puskesmas Manipi yang akan dinaikkan statusnya menjadi rumah sakit Pratama.

    Menurut Bupati ASA, kehadiran rumah sakit Pratama kelak di daerah yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Gowa itu dalam rangka mendekatkan dan meningkatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat.

    Apalagi menghadirkan rumah sakit Pratama di wilayah tersebut merupakan salah satu program unggulan di bidang kesehatan dan tertuang dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJMD).

    “Mudah-mudahan kehadirannya nanti akan sangat bermanfaat, mendekatkan dan meningkatkan kualitas layanan kesehatan. Jadi warga tidak lagi jauh ke kota untuk menjalani perawatan,” kata Bupati ASA.

    Orang nomor satu di Kabupaten Sinjai ini memohon doa dan dukungan masyarakat agar peralihan status Puskesmas Manipi menjadi rumah sakit Pratama lancar agar janjinya segera diwujudkan.

    “Mohon doa seluruh masyarakat Sinjai, semoga berjalan lancar dan tanpa kendala,” ucapnya.

    Terpisah, Kepala Bappeda Sinjai, Irwan Suaib membeberkan rencana peralihan status Puskesmas menjadi Rumah Sakit Pratama memang sementara digenjot.

    Untuk tahap awal peralihan status kata dia, telah dimulai sejak tahun 2021 lalu dengan mengalokasikan anggaran pembangunan sarana dan prasarana sebesar Rp 5 Miliar lebih.

    Khusus tahun 2022 ini, Pemkab Sinjai kembali menganggarkan sebesar Rp 3,8 Miliar lebih, ditambah anggaran penyediaan fasilitas pelayanan kesehatan Puskesmas dan sistem informasi kesehatan senilai Rp 820 juta lebih.

    “Pak Bupati berharap bahwa Puskesmas Manipi tahun depan kita akan maksimalkan lagi baik bangunan, sarana dan prasarananya, terutama SDM nya sehingga tahun depan kita bisa tingkatkan status Puskesmas menjadi Rumah sakit tipe D atau Pratama,” ungkap Irwan dalam Musrenbang RKPD 2023 di Aula Kantor Kecamatan Sinjai Barat, Selasa (1/3/2022)

    Menurut Irwan, sebenarnya Pemkab Sinjai sangat menginginkan pembangunan gedung baru beserta peralatannya (Alkesnya) sama dengan Rumah Sakit Pratama di Sinjai Selatan, namun untuk kembali mendapatkan bantuan pembangunan RS Pratama dari pusat, lokasi yang ditunjuk minimal mempunyai luas tanah 1 hektare.

    “Sudah kita usahakan tapi kita tidak punya lahan seluas itu makanya kita mengambil solusi memperbaiki sarana yang ada. Ini juga sesuai janji Pak Bupati untuk menghadirkan Rumah sakit Pratama di Sinjai Selatan dan Sinjai Barat dan tertuang dalam visi misi Pemkab Sinjai,” jelasnya.

    Sekadar diketahui hingga tahun keempat kepemimpinannya, Bupati Sinjai Andi Seto Asapa (ASA) telah menghadirkan rumah sakit Pratama di Kecamatan Sinjai Selatan. Kini pemanfaatan rumah sakit yang terletak di Bulupaccing Desa Alenangka tersebut dalam pengurusan izin operasional. (Tim Website)

    Related articles

    -
    Ubah Bahasa :
    -

    Latest posts