Berkat Kepedulian Bupati ASA, Gadis Cantik Asal Sinjai Ini Bisa Kuliah di Institut Pertanian Bogor

0
658

SINJAI – Dalam menjalankan roda pemerintahan, berbagai program telah dicetuskan oleh Pemkab Sinjai melalui program unggulan dalam rangka melahirkan sumber daya manusia yang handal dan berdaya saing.

Memasuki tahun ketiga kepemimpinan Bupati Sinjai Andi Seto Asapa (ASA) berbagai program telah dilaksanakan dan dampaknya telah dirasakan oleh masyarakat.

Salah satunya program dibidang pendidikan yang kini dinikmati oleh mahasiswa adalah pemberian beasiswa Utusan Daerah (BUD).

Beasiswa utusan daerah ini merupakan tindak lanjut dari kerjasama antara Pemkab Sinjai dengan institut Pertanian Bogor (IPB) yang bertujuan untuk membangun daerah melalui peningkatan bidang pendidikan, dengan mengirim bibit-bibit muda untuk berkuliah di IPB.

BUD adalah jalur penerimaan mahasiswa baru program sarjana IPB yang direkomendasikan dan dibiayai oleh pemerintah daerah yang bila lulus diharapkan kembali ke daerah untuk membangun daerah.

Salah satu penerima BUD, Risda Awalia mengungkapkan rasa bangganya karena bisa melanjutkan pendidikan ke salah satu perguruan tinggi ternama di Indonesia dan mendapat beasiswa dari pemerintah Kabupaten Sinjai sejak tahun 2019 lalu.

Menurutnya, program beasiswa ini mendukung terwujudnya sumber daya manusia di Sinjai yang unggul, inovatif serta kreatif sebab dengan mengenyam pendidikan di kampus terbaik penuh dengan tantangan dan juga mampu membuka wawasan.

Alumni SMAN 1 Sinjai ini menyampaikan rasa syukur dan terima kasihnya kepada Bupati Sinjai Andi Seto Asapa yang memperhatikan generasi penerus dengan harapan Sinjai ke depan akan lebih maju.

“Kami sangat berterima kasih kepada bapak Bupati Andi Seto, saya sangat terbantu adanya beasiswa ini karena saya dapat diberi kesempatan membawa nama Sinjai di kampus terbaik dan diberi kesempatan menuntut ilmu tanpa harus memikirkan biaya kuliah karena selama dua tahun ini semuanya sudah ditanggung oleh Pemda Sinjai, ” ujarnya saat dihubungi via WhatsApp, Kamis (02/9/2021).

Mahasiswi semester V ini berharap program ini dapat terus dilanjutkan dan dapat lebih ditingkatkan sebab mendorong siswa/siswi Sinjai untuk kuliah di perguruan tinggi favorit.

“Alhamdulillah saya sangat bersyukur. Kalau bukan beasiswa yang digagas oleh bapak Bupati Andi Seto belum tentu saya bisa kuliah disini. Mudah-mudahan program ini terus berlanjut, ” kata Risda yang kuliah di jurusan ilmu komputer Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA) IPB.

Secara terpisah, Bupati Sinjai ASA menuturkan program ini representasi upaya Pemkab Sinjai dalam upaya mencerdaskan kehidupan anak bangsa. Untuk itu pihaknya memprioritaskan penerima beasiswa kepada mahasiswa berprestasi dengan harapan sebagai pelecut semangat dalam menimba ilmu.

Bupati lulusan Magister Monash University, Australia ini menyebut, kebijakan pemberian beasiswa ini juga untuk meningkatkan akses pendidikan dan memberikan kesempatan belajar bagi mahasiswa berprestasi secara ekonomi.

“Dengan begitu sumber daya manusia (SDM) yang berasal dari Bumi Panrita Kitta ini akan meningkat. Tak hanya mencerdaskan anak bangsa, tapi bagaimana semua kalangan masyarakat bisa menimba ilmu di Perguruan tinggi favoritnya tanpa terkendala biaya sehingga adik-adik kita yang memiliki prestasi tapi tidak mampu dari segi biaya kita siapkan melalui beasiswa,” tutupnya. (Tim Website)