Jamin Kesehatan Produk Pangan, Bupati ASA Teken MoU dengan BPPOM

0
82

SINJAI – Untuk mewujudkan keamanan obat dan makanan yang beredar di Kabupaten Sinjai, pemerintah menggandeng Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan (BBPOM) dengan menjalin kerja sama melalui penandatanganan MoU.

Penandatanganan MoU dengan Kepala BBPOM Makassar, Hardaningsih itu, berlangsung di Hotel Aston Makassar, Kamis (10/6/2021).

Hardaningsih, mengatakan kerja sama ini merupakan tindak lanjut atas hasil audiensi antara BBPOM Makassar dan Pemkab Sinjai beberapa waktu lalu, terkait program pengawasan obat dan makanan terpadu di Kabupaten Sinjai.

“Kerjasama ini bertujuan untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi pengawasan obat serta makanan. Melalui penandatanganan MoU, program ini akan lebih mudah untuk diterapkan sehingga keamanan produk makanan dan obat yang beredar di Sinjai dijamin keamanannya,” katanya.

Selain itu, tujuan lainnya adalah untuk meningkatkan kapasitas dan fasilitas kefarmasian berupa fasilitas produksi, distribusi, dan pelayanan kefarmasian, agar dapat memenuhi ketentuan cara produksi, cara distribusi dan pelayanan kefarmasian yang baik.

Kemudian meningkatkan kesadaran dan kepedulian masyarakat dalam memilih produk obat dan makanan yang aman, berkhasiat, bermutu sebagai salah satu upaya pemberdayaan masyarakat dalam rangka melindungi masyarakat.

Di tempat yang sama, Bupati ASA menyambut baik kerjasama ini yang dinilai dapat memberikan dampak positif terhadap keamanan pangan di Bumi Panrita Kitta julukan Sinjai.

“Dengan adanya pengawasan yang dilakukan BBPOM, masyarakat khususnya konsumen akan terlindung dari bahaya pangan yang dapat mengancam keselamatan jiwa mereka. Karena itu, saya menyambut baik kerja sama ini dan memberikan penghargaan setinggi-tingginya kepada BBPOM,” tandasnya.

Penandatanganan MoU ini juga dilakukan oleh 5 Pemerintah Kabupaten/Kota di Sulawesi Selatan di antaranya, Kota Makassar, Kota Parepare, Kabupaten Sidrap, Kabupaten Wajo, dan Kabupaten Maros.

Penandatanganan MoU tersebut, Bupati ASA turut didampingi Kadis Kiminfo dan Persandian Sinjai, Tamzil Binawan. (Tim Website)