Kominfo RI Akan Gelar Pertunjukan Virtual Kesenian Tradisional di Sinjai

0
157

SINJAI – Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia (Kominfo RI) akan melaksanakan Pertunjukan Virtual Kesenian Tradisional di Kabupaten Sinjai pada tanggal 15 November 2020.

Hal ini disampaikan langsung oleh Staf Teknis Kementerian Kominfo RI, Zainal yang melakukan kunjungan di Kantor Diskominfo dan Persandian Sinjai Senin pagi (9/11/20).

Dalam kunjungannya, Zainal mengatakan, bahwa pertunjukan ini dilaksanakan untuk membangkitkan kembali budaya yang ada di daerah di masa pandemi Covid-19 ini, serta sebagai ajang apresiasi dan usaha pelestarian terhadap seni dan budaya daerah.

Menurutnya, kegiatan yang bertema “Kesehatan Pulih Ekonomi Bangkit” ini diikuti perwakilan sanggar seni yang ada di 3 kabupaten/kota di Sulsel masing-masing Kabupaten Sinjai, Bantaeng dan Kota Makassar.

“Jadi hanya ada 3 perwakilan di Sulsel yang terpilih salah satunya Sinjai. Kenapa Sinjai kita pilih karena berdasarkan prestasi yang telah diraih selama ini, dimana Sanggar Seni yang ada di Sinjai sangat bagus dan berprestasi hingga di tingkat nasional,” katanya.

Adapun mekanisme pelaksanaannya yaitu pertunjukan dilakukan secara virtual yang disiarkan secara langsung (live streaming) oleh kanal yang disiapkan oleh Kominfo RI, sehingga nantinya akan ditonton secara nasional.

“Dalam pertunjukan ini, pesan yang kita ingin disampaikan adalah mengajak masyarakat untuk membangun rasa optimisme dan semangat untuk tetap produktif dalam masa pandemi, sekaligus mensosialisasikan program pemulihan ekonomi nasional serta ajakan untuk siap divaksin,” tambahnya.

Sekretaris Diskominfo dan Persandin Sinjai, Dr Mansyur, yang menerima kunjungan tersebut menyambut baik rencana tersebut dan siap menyukseskan kegiatan ini.

“Kita tentu bersyukur karena dari 24 kabupaten/kota di Sulsel, Sinjai salah satu dari 3 daerah yang dipilih. Itu artinya bahwa keberadaan sanggar seni yang ada di Sinjai mendapat apresiasi di tingkat nasional,” katanya.

Ia pun berharap, pelaksanaan kegiatan ini berlangsung sukses dan lancar sehingga inti dari pertunjukan ini agar masyarakat tetap mematuhi protokol kesehatan dapat tersampaikan kepada masyarakat. Adapun sanggar seni yang akan mewakili Sinjai adalah Sanggar Seni Pesona Bahari yang berasal dari Kecamatan Sinjai Utara dan Forum Teater Sinjai Barat dari Kecamatan Sinjai Barat. (Tim Website)