Jembatan Barukang IV Terwujud Tahun ini, Warga Bersyukur

0
48

SINJAI, – Warga Jalan Barukang, Kelurahan Lappa, Kecamatan Sinjai Utara, Kabupaten Sinjai, bersyukur, lantaran jembatan yang lama dinantikan akhirnya dibangun.

Adalah Amiruddin, salah satu warga setempat yang menyampaikan rasa syukurnya akan pelaksanaan pembangunan jembatan sepanjang 12,20 meter dengan lebar 5 meter.

Menurut Amir sapaan akrabnya, jembatan ini nantinya bakal sangat membantu masyarakat dalam menunjang aktivitas menuju Pusat Pelelangan Ikan (PPI) Sinjai.

Masyarakat kata dia, tidak perlu lagi memutar jalan mengendarai roda dua dan roda empatnya menuju lokasi PPI.

“Alhamdulillah, sangat bersyukur dengan dibangunnya jembatan ini. Apalagi jembatan ini sebagai akses warga menuju PPI Lappa”, ujar Amiruddin saat, Kamis (1/10/2020) kemarin.

Memang kata Amir, pembangunan jembatan ini telah lama dinantikan warga, sebab pengusulan pembangunan melalui Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) setiap tahunnya selalu dilakukan.

Pengusulan pembangunan jembatan ini bahkan telah dilakukan warga sejak akhir pemerintahan Bupati Sinjai Andi Rudiyanto Asapa (ARA), namun baru terealisasi tahun ini.

“Pembangunan jembatan ini telah kami usulkan di setiap Musrenbang sejak Pak Andi Rudiyanto Asapa, dan Alhamdulillah bisa terealisasi saat ini di Pemerintahan Pak Andi Seto,” sambungnya.

Sebelum dibangun, Amir menjelaskan jika dilokasi itu terdapat jembatan kayu di atas aliran anak sungai Tangka tersebut.

Namun jembatan kayu itu hanyalah jembatan darurat, bahkan beberapa warga mengalami kecelakaan dan jatuh dari jembatan yang mengakibatkan warga patah tulang.

“Sudah sering ada yang jatuh karena jembatan kayu itupun hanya untuk orang saja, kendaraan motor tidak bisa lewat. Makanya selalu kita usulkan setiap tahun,” jelasnya.

Terpisah, Kepala Seksi (Kasi) Preservasi Kebinamargaan PUPR Sinjai, Andi Adnan Najamuddin, mengatakan, bahwa program pembangunan jembatan Barukang IV dengan pagu sebesar Rp1,4 Miliar ini ditargetkan rampung akhir tahun mendatang.

“Progres pembangunannya sudah 70,26 persen. Insya Allah kita upayakan rampung Desember mendatang sehingga apa yang diharapkan pak Bupati agar masyarakat bisa merasakan manfaatnya tahun ini juga bisa terlaksana,” tandasnya.

Sekadar diketahui, jembatan Barukang IV adalah satu dari enam jembatan yang dibangun di tahun kedua Pemerintahan Bupati Sinjai Andi Seto Asapa (ASA) dan Wakil Bupati Sinjai Hj Andi Kartini Ottong. Tujuannya, untuk mempermudah akses dan aktivitas warga termasuk dalam pendistribusian barang dan jasa, serta hasil bumi. (Tim Website)