Digelar Melalui Virtual, Peringatan Hari Anak Nasional Tetap Bermakna

0
139

SINJAI – Peringatan Hari Anak Nasional (HAN) pada tahun ini berbeda dari sebelumnya. Mengingat pandemi covid-19 belum mereda, berbagai rangkaian kegiatan dan puncak peringatan HAN 2020 diadakan secara virtual.

Acara puncak hari HAN yang menghadirkan Presiden Joko Widodo dan ibu negara Iriana Jokowi secara daring diikuti oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Sinjai Dra. Hj. Mas Ati bersama Forum Anak Maseddi di Aula Eks Kantor Bupati, Kamis (23/7/20)

Mas Ati berharap situasi ini tidak mengurangi makna Hari Anak Nasional. Dia menekankan peringatan ini sebagai upaya perlindungan dan pemenuhan hak anak, yang menjadi generasi penerus bangsa.

“Tujuan peringatan HAN adalah memberikan pemahaman bahwa anak generasi penerus bangsa. Karenanya, anak harus memiliki bekal keimanan, kepribadian, kecerdasan dan semangat sehingga, mereka tumbuh dan berkembang dengan baik,” katanya.

Lebih lanjut Mas Ati mengutarakan melalui momentum Hari Anak, seluruh komponen dimanapun berada hendaknya betul-betul punya kepedulian terhadap tumbuh kembang anak dan memberi peran kepada anak untuk berpartisipasi di segala sektor kehidupan sesuai umur mereka.

“Kita berikan penguatan dengan mendorong jejaring yang ada khususnya melalui forum anak sehingga melalui forum itu mereka bisa terlahir menjadi Pelopor dan Pelapor. Pelopor dalam hal ini menjadi terbaik dalam hidup dan kehidupan, Pelapor dalam hal tidak membiarkan kondisi terhadap adanya kekerasan anak tetapi mereka menjadi terdepan dalam melaporkan jika menemukan kasus tersebut, ” ungkapnya.

Sementara itu Ketua Forum Anak Masedi, Muh. Yusril menyampaikan bahwa melalui Hari Anak Nasional, para Anak khususnya di Sinjai harus mengetahui apa yang menjadi hak-hak mereka serta peka terhadap kondisi yang ada.

“Melalui hari anak ini, para anak-anak di Sinjai bisa memanfaatkan waktu mereka dengan sebaik-baiknya di masa pandemi Covid-19 sehingga mereka bisa mengembangkan bakat dirinya dengan kegiatan positif,” tuturnya. (AaN Kominfo Sinjai)