Kecamatan Sinjai Selatan Jaring Qori dan Qoriah Terbaik Munuju MTQ Tingkat Kabupaten

0
335

SINJAI, – Ratusan peserta atau Qori/Qoriah dari 10 Desa dan 1 Kelurahan di Kecamatan Sinjai Selatan mengikuti Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ). ke-42 yang dipusatkan di Desa Palae.

Kegiatan keagamaan yang digelar setiap tahunnya oleh Pemerintah Kecamatan bersama Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) Sinjai Selatan, ini dimulai 8 – 13 Februari 2020 mendatang.

Tujuannya, untuk menumbuhkan pemahaman dan pengamalan isi kandungan Alquran kepada masyarakat, khususnya masyarakat Sinjai Selatan.

Selain itu sebagai ajang seleksi bagi qori dan qoriah terbaik, untuk mewakili Kecamatan Sinjai Selatan pada pelaksanaan MTQ Tingkat Kabupaten Sinjai yang rencananya akan dipusatkan di Kecamatan Sinjai Barat pada awal Maret mendatang.

MTQ ke 42 ini Wakil Bupati Sinjai Hj Andi Kartini Ottong di Lapangan Sepak Bola Desa Palae, Sabtu malam (8/2/2020), yang ditandai dengan pengguntingan pita di mimbar tilawah didampingi Camat Sinjai Selatan, Agus Salam.

Dalam sambutannya, Kartini mengapresiasi MTQ yang kembali diselenggarakan tahun ini khususnya di Kecamatan Sinjai Selatan. Menurutnya ini sejalan dengan visi Pemkab Sinjai yakni ‘Terwujud Masyarakat Sinjai Yang Mandiri, Religius melalui pengembangan Sumber Daya Manusia yang unggul dan berdaya saing’.

“Selaku Pemerintah saya berpesan agar menjadikan Al-Qur’an sebagai bahan bacaan dalam kehidupan sehari-hari serta memahami isi kandungan Al-qur’an”, katanya.

Sejalan dengan tema MTQ ke-42 tingkat Kecamatan Sinjai Selatan, “Melalui MTQ kita tingkatkan pemahaman dan pengamalan isi dan kandungan Al-qur’an”, Kartini juga mengajak dan mengingatkan agar gerakan magrib mengaji di Kabupaten Sinjai terus digalakkan,

“Mudah-mudahan program ini bukan hanya dilakukan melalui Musabaqah tapi dilakukan setiap hari. Mari membudayakan membaca Alquran”, ajak Kartini.

Adapun peserta MTQ berasal dari Desa Aska, Desa Puncak, Kelurahan Sangiasseri, Desa Songing, Desa Bulukamase, Desa Palae, Desa Alenangka, Desa Polewali, Desa Gareccing, Desa Talle dan Desa Palangka.

Sedangkan cabang yang dilombakan pada MTQ ke-42, diantaranya cabag Tilawatil Quran kategori anak-anak, Dewasa dan, Tafhsil Quran 5,10 dan 10 Jus, Tafsir Quran Bahasa Indonesia, Bahasa Arab dan Bahasa Inggris, Kaligrafi, Syahril Quran, Cerdas Cermat dan Karya tulis Alquran.

Turut hadir Asisten Administrasi Pemerintahan Setdakab Sinjai yang juga Ketua LPTQ Sinjai, Dr H Muhlis Isma, Wakil Ketua I DPRD Sinjai Sabir, perwakilan Kemenag Sinjai, unsur Tripika Kecamatan Sinjai Selatan serta para Kepala Desa Se-Kecamatan Sinjai Selatan. (Irawan)