Wujudkan Pengolaan Data Satu Pintu, Disdik Sinjai Bakal Hadirkan Smart Office

0
254

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sinjai terus berinovasi untuk pengembangan penyelenggaraan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE). Dalam mewujudkan hal itu, Pemkab melalui Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Sinjai bakal menghadirkan aplikasi Smart Office.

Kepala Dinas Pendidikan Sinjai Andi Jefriyanto Asapa mengatakan, penerapan aplikasi Smart Office tersebut merupakan tindaklanjut terkait kerjasama Microsoft office 365 dengan Pemkab Sinjai.

Lebih lanjut dia mengatakan, penerapan aplikasi smart office guna menjawab perkembangan teknologi seiring dengan perubahan gaya hidup yang menuju kearah digitalisasi. Dimana kebutuhan akan data dan informasi yang cepat, sangatlah mutlak harus terpenuhi. 

“Penerapan program smart office dalam sistem digitalisasi guna untuk mewujudkan pengelolaan data satu pintu,” ujar Andi Jefriyanto saat ditemui disela-sela rapat koordinasi bersama dengan pengawas, para Kepala TK, SD dan SMP se-Kabupaten Sinjai, Kamis (9/1/2020). 

Pengelolaan data satu pintu kata mantan Kepala Kesbangpol Sinjai itu, yakni pelayanan terkait administrasi dan laporan-laporan satuan pendidikan di Kabupaten Sinjai.

“Jadi dengan hadirnya smart office ini nantinya sekolah-sekolah yang ada tidak lagi datang ke ibu kota atau kantor dinas pendidikan, cukup melalui aplikasi tersebut semua administrasi dan laporan dapat disampaikan melalui aplikasi,” ungkapnya.

Yang paling penting dalam smart office itu lanjut Andi Jefriyanto, bagaimana memantau pelaksanaan proses pembelajaran di sekolah serta dapat memantau peningkatan prestasi siswa.

Demikian juga orang tua murid, melalui aplikasi tersebut dapat memantau progres perkembangan anak dalam setiap pelajaran yang ada sampai perilaku-perilaku siswa di sekolah.

“Mudah-mudahan ini juga dapat menunjang kinerja para kepala sekolah dan guru-guru yang ada di sekolah. Yang terpenting dapat menunjang peningkatan kualitas pendidikan di Kabupaten Sinjai,” pungkasnya.

Rencananya, user dan akun aplikasi tersebut akan diserahkan setelah pelantikan kepala sekolah yang rencananya akan digelar pada bulan ini. (Jum/Irawan Kominfo Sinjai)