spot_img
Friday, April 26, 2024
More
    spot_img
    HomeBadan Penanggulangan Bencana DaerahPengadilan Agama dan BPBD Sinjai Adakan Simulasi Penanggulangan Bencana

    Pengadilan Agama dan BPBD Sinjai Adakan Simulasi Penanggulangan Bencana

    Dengar SBFM Live di sini

    -

    Html code here! Replace this with any non empty raw html code and that's it.

    Sinjai, – Pengadilan Agama (PA) Sinjai bekerjasama Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sinjai mengadakan simulasi Penanggulangan bencana, Kamis (22/08/19) sore.

    Dalam simulasi tersebut, peserta dilatih cara menghadapi bencana, Gempa Bumi dan Banjir dengan benar oleh tim Pusdalog dan TRC BPBD Sinjai.

    Ketua PA Sinjai Hadrawati yang ditemui menuturkan, simulasi ini sengaja dilakukan untuk memberikan gambaran terkait langkah apa yang harus ditempuh apabila terjadi bencana yang datangnya tidak dapat diperkirakan kapan dan dimana.

    Simulasi Penanggulangan bencana ini pertama kalinya digelar di Institusi Pengadilan Agama Sinjai. Sehingga bukan hanya mempertahankan akreditasi penjaminan mutu dalam pelayanan kepada masyarakat sebagai tugas pokok pengadilan.

    Namun demikian juga harus siap menghadapi segala potensi yang bisa saja terjadi. Termasuk ujar dia adalah bencana alam.

    “Saya berharap yang sudah ditunjuk sebagai kader evakuasi bisa mengetahui apa yang telah diberikan hari ini, termasuk selain menyelamtkan diri sendiri juga dapat menyelematkan orang lain,” tambahnya.

    Sementara itu, Kepala seksi kesiapsiagaan bidang pencegahan dan kesiapsiagaan BPBD Sinjai, Syamsul Ahmad, mengungkapkan secara garis besar simulasi yang diberikan ini tidak lain sebagai upaya kesiapsiagaan dan Kedaruratan.

    Salah satu yang menjadi fokus dalam simulasi tersebut, ungkap Syamsul Ahmad adalah pengenalan mitigasi bencana seperti bagaimana melakukan proses evakuasi ke titik kumpul yang telah ditentukan serta pengurangan resiko kerugian materil dan korban bencana.

    “Jadi hari ini kami dari BPBD menurunkan tim Pusdalog dan TRC, untuk membekali ilmu pengetahuan serta skil para pegawai PA Sinjai dalam menghadapi bencana tidak panik,” pungkasnya.

    (Adi Kominfo Sinjai)

    Foto suasana simulasi Penanggulangan bencana di PA Sinjai

    Related articles

    -
    Ubah Bahasa :
    -

    Latest posts