spot_img
Friday, May 10, 2024
More
    spot_img
    HomeBeritaSekda Sinjai Serahkan Bantuan Kepada 15 Kelompok Usaha Perikanan di Sinjai

    Sekda Sinjai Serahkan Bantuan Kepada 15 Kelompok Usaha Perikanan di Sinjai

    Dengar SBFM Live di sini

    -

    SINJAI – Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Sinjai, Andi Jefrianto Asapa menyerahkan bantuan sarana dan prasarana sektor Kelautan dan perikanam.kepada kelompok usaha perikanan di Kabupaten Sinjai. 

    Penyerahan bantuan sektor kelautan dan perikanan ini tahun anggaran 2023 ini, di laksanakan di Kelurahan Biringere, Rabu (29/11/2023).

    Adapun paket bantuan yang diserahkan Paket Bantuan Fasilitas Sarana dan Prasarana Unit Pengolahan ikan (Bedah UPI) untuk Kelompok Usaha Pengolahan Ikan “Ruban dan Sumber Mitra” di Kelurahan Lappa, Kecamatan Sinjai Utara.

    Selain itu Paket Bantuan Kapal Penangkap ikan ≤ 5 GT beserta mesin dan alat tangkapnya sebanyak 15 unit bagi 15 Kelompok Nelayan yang tersebar di empat kecamatan, yakni masing masing 5 unit di Kecamatan Sinjai Utara, Sinjai Timur dan Pulau Sembilan.

    Kadis Perikanan Sinjai, Syamsul Alam mengatakam Program Kegiatan Pengadaan Sarana dan Prasarana Sektor Kelautan dan Perikanan adalah merupakan program prioritas dari Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah Sinjai yang dimaksudkan untuk mendorong peningkatan produktivitas para pelaku usaha perikanan baik untuk nelayan maupun untuk usaha budidaya perikanan serta usaha pengolahan ikan sehingga dapat mendorong pertumbuhan ekonomi serta mewujudkan masyarakat yang lebih sejahtera.

    “Salah satu tujuannya adalah guna meningkatkan kontribusi pertumbuhan ekonomi daerah dari sektor perikanan,” jelasnya. 

    Dijelaskan, untuk tahun 2023 ini, Dinas Perikanan mendapatkan anggaran DAK sebesar Rp. 6,009 Milyar, yang dialakasikan untuk belanja beberapa Program kegiatan yang dapat dinikmati langsung oleh masyarakat dalam bentuk Kegiatan Pengadaan Bantuan Paket Sarana dan Prasarana Untuk Nelayan. Pembudidaya ikan dan usaha pengolahan ikan, dengan jumlah kelompok penerima totalnya sebanyak 53 (Lima Puluh Tiga) Kelompok Penerima.

    Disamping itu terdapat pula kegiatan Bantuan Subsidi Premi Kepesertaaan Asuransi Perlindungan usaha bagi 500 orang nelayan bekerjasama dengan BPJS Ketenagakerjaan Sinjai.

    Sementara itu, Sekda Sinjai, Andi Jefrianto Asapa berharap kepala kelompok usaha perikanan penerima bantuan dari pemerimtah daerah dapat memanfaatkan dan memelihara dengan sebaik-baik. 

    “Bantuan ini sebagai bentuk kepedulian pemerintah daerah terhadap pengembangan usaha masyarakat yang tentunya bertujuan untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat,” ujanya mewakili Pj Bupati Sinjai. 

    Ditambahkan, bahwa untuk tahun depan, Pemerintah Kabupaten Sinjai kembali akan menganggarkan program bantuan sarana dan prasarana sektor kelautan dan perikanan baik yang bersumber dari dana alokasi khusus KKP maupun dari Dana Alokasi Umum Tahun anggaran 2024.

    “Kepada Dinas Perikanan saya harapkan anggaraan tahun depan dapat dilaksanakan dengan baik dan mengarahkan bantuannya kepada kelompok masyarakat yang betul-betul layak untuk menerimanya.”

    Terakhir dengan adanya bantuan ini, harap Andi Jefrianto dapat meningkatkan produktivitas dan kesejahteraan para pelaku usaha perikanan di Kabupaten Sinjai. (Tim Website)

    Related articles

    -
    Ubah Bahasa :
    -

    Latest posts