spot_img
Friday, May 10, 2024
More
    spot_img
    HomeBeritaTingkatkan Kualitas Pelatih Fisik, Dispora Bekali Pelatihan, Sekda Harap Dorong Prestasi Atlet

    Tingkatkan Kualitas Pelatih Fisik, Dispora Bekali Pelatihan, Sekda Harap Dorong Prestasi Atlet

    Dengar SBFM Live di sini

    -

    SINJAI, – Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) menggelar Training Of Trainers (TOT) untuk pelatihan pelatih fisik dalam rangka meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) keolahragaan di Kabupaten Sinjai.

    Training Of Trainers ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pelatih fisik yang berperan penting dalam pembinaan atlet di berbagai cabang olahraga dan sekolah-sekolah di Bumi Panrita Kitta.

    Pelatihan yang berlangsung hingga tanggal 24 September di Aula Pertemuan Grand Rofina Hotel ini diikuti pelatih fisik dari berbagai Kecamatan resmi dibuka oleh Sekertaris Daerah (Sekda) Sinjai, Andi Jefrianto Asapa, mewakili Bupati Andi Seto Asapa (ASA), Jumat, (22/9/2023).

    Kepala Dispora Sinjai, Hasir Achmad menyampaikan bahwa kegiatan training of trainers ini diikuti oleh guru olahraga utusan sekolah dan pelatih utusan pengurus cabang (Pengcab) se-Kabupaten Sinjai. Dengan jumlah 104 orang peserta.

    “Training of trainers diharapkan dapat menjadi wadah yang baik guna meningkatkan kapasitas dalam melakukan tugas pembinaan olahraga baik di sekolah maupun di cabang olahraga (Cabor) yang ada di Kabupaten Sinjai. Apalagi kami menghadirkan pemateri yang cakap dan profesional di bidangnya,” ungkapnya.

    Sementara itu, Sekda Sinjai Andi Jefrianto Asapa menekankan bahwa seorang pelatih memegang peranan yang sangat vital dalam menentukan capaian prestasi atlet. Dalam sebuah pertandingan pelatih memiliki peran yang sangat sentral dalam menentukan taktik dan strategi.

    Bahkan seorang pelatih tidak sekadar memberikan porsi latihan fisik dan dukungan moral, namun pelatih juga dituntut mengetahui banyak bidang ilmu pendukung untuk bisa membantu atletnya mencapai prestasi optimal.

    “Seorang pelatih olahraga bertanggungjawab dalam menyusun menu latihan olahraga dengan pengetahuan spesialis yang dimiliki seperti pengetahuan mengenai fungsi gerakan olahraga. Program latihan olahraga dibuat setelah memahami karasteristik tubuh, usia, keadaan fisik dan masalah kesehatan dari individu serta kemampuan awal atlet yang dimiliki. Pelatih olahraga membimbing atlet-atletnya untuk meningkatkan kinerja fisik tubuh, kekuatan otot, endurance dan mengatur pernafasan yang efektif,” ucapnya.

    Pemerintah Daerah Kabupaten Sinjai, kata Andi Jefrianto akan terus berkomitmen untuk memaksimalkan peningkatan SDM Aparaturnya, tidak terkecuali SDM Keolahragaan yang dimiliki. Sebab, SDM Keolahragaan yang mumpuni akan menjadi salah satu kunci sukses dalam mempertahankan dan meningkatkan capaian prestasi olahraga yang telah diraih dalam event-event bergengsi baik skala propinsi maupun skala nasional.

    “Kami akan senantiasa mendorong dan mensupport para organisasi perangkat daerah selaku instansi teknis untuk memikirkan dan menformulasikan program-program yang berorientasi pada peningkatan kapasitas dan kualitas SDM di berbagai sektor yang pada akhirnya akan berdampak langsung pada pencapaian tujuan pembangunan daerah, demikian halnya juga akan berdampak langsung pada tercapainya tujuan pembangunan keolahragaan di Kabupaten Sinjai,” jelasnya.

    Selaku Pemerintah Daerah Kabupaten Sinjai dia sangat mengapresiasi atas pelaksanaan kegiatan ini, dan berharap bahwa setelah pelaksanaan kegiatan ini, nantinya yang menjadi peserta dapat mengimbaskan secara langsung ilmu yang telah didapatkan kepada para atlet-atletnya, kepada para anak didik di sekolah-sekolah.

    Dengan begitu, maka salah satu faktor penentu meningkatknya capaian prestasi atlet akan terpenuhi yakni bagaimana memaksimalkan kekuatan dan ketahanan fisik atlet-atlet di Kabupaten Sinjai.

    Training ini turut di hadiri Ketua KONI Sinjai Suhardiman, Perwakilan Forkopimda dan jajaran Dispora Sinjai. (Tim Website)

    Related articles

    -
    Ubah Bahasa :
    -

    Latest posts